kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi Bappebti dengan Exchange Kembangkan Ekosisten Kripto Lebih Positif


Sabtu, 25 Mei 2024 / 14:52 WIB
Kolaborasi Bappebti dengan Exchange Kembangkan Ekosisten Kripto Lebih Positif
ILUSTRASI. Investor mengamati tabel perdagangan mata uang krypto di Jakarta, Senin (3/5). Kolaborasi Bappebti dengan Exchange Diharapkan Kembangkan Ekosisten Kripto Lebih Positif


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dalam menghadapi dinamika perdagangan aset kripto, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melakukan berbagai langkah mitigasi. 

Salah satunya adalah dengan mengawal optimalisasi ekosistem aset kripto yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi.

Ada tujuh langkah mitigasi yang dilakukan Bappebti di antaranya: Penerapan regulasi atau kebijakan yang sesuai dengan ketentuan, Penyelesaian proses CPFAK menjadi PFAK, Pengembangan produk kripto, Kontribusi perdagangan aset kripto terhadap penerimaan negara.

Baca Juga: Harga Bitcoin Akan Terangkat Sentimen ETF Ethereum

Lalu, Penguatan kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait, Penerapan prinsip know your customers (KYC), dan Inklusi dan literasi aset kripto. 

CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan pentingnya kerjasama antara platform perdagangan aset kripto seperti Indodax dengan Bappebti untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang aman, terpercaya, dan berkelanjutan. 

"Kami berkomitmen untuk selalu mematuhi regulasi yang ada dan bekerja sama dengan Bappebti untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang aman dan terpercaya,” ujar Oscar dalam keterangannya, Sabtu (25/5).

Dengan inisiatif ini, diharapkan industri aset kripto di Indonesia dapat tumbuh dengan sehat dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. 

Indodax bersama dengan Bappebti dan pemangku kepentingan lainnya, akan terus berupaya untuk meningkatkan literasi, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi aset kripto.

Baca Juga: Cara Menabung Dana Pensiun: Opsi Investasi Terbaik Menurut Octa

“Kami percaya bahwa dengan adanya kerjasama yang erat antara Bappebti dan stakeholder lainnya, kita dapat menciptakan ekosistem yang ramah terhadap inovasi dan teknologi baru, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” ujar Oscar.

Di sisi lain, Indodax juga berpartisipasi dalam program Bulan Literasi Kripto (BLK) yang merupakan salah satu bentuk dukungan Indodax dalam mengedukasi masyarakat. 

"Lewat program BLK ini, Kami bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai aset kripto dan memberikan edukasi yang komprehensif," katanya.

Baca Juga: Cara Menabung Dana Pensiun: Opsi Investasi Terbaik Menurut Octa

Selain itu, Oscar menambahkan bahwa salah satu cara Indodax turut berperan aktif dengan memperkuat literasi aset kripto adalah melalui Inodax Academy. 

“Kami memberikan edukasi dan pemahaman mengenai kripto dari dasar secara gratis lewat website, telegram, dan platform social media. Hal ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi industri kripto. Kami juga membuka kolaborasi dengan pihak terkait untuk mengembangkan ekosistem kripto di Indonesia bersama-sama dalam program Indodax Goes to Campus untuk kalangan akademisi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×