kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Kliring Berjangka Indonesia (KBI) bukukan pertumbuhan transaksi 40% di kuartal I-2020


Sabtu, 11 April 2020 / 19:55 WIB
Kliring Berjangka Indonesia (KBI) bukukan pertumbuhan transaksi 40% di kuartal I-2020
ILUSTRASI. PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) meninjau komoditas Timah Batangan produksi PT Timah (Persero) di salah satu gudang di Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu. 

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) berhasil bukukan kinerja positif sepanjang kuartal pertama tahun ini. Hal ini terbukti lewat pertumbuhan transaksi Kontrak Berjangka Derivatif di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan dikliringkan di KBI sepanjang Januari – Maret tahun ini.

Untuk kuartal I-2020, KBI membukukan pertumbuhan volume transaksi Kontrak Berjangka Derivatif sebesar 40% dibandingkan kuartal I-2019 atau secara year on year (yoy). Volume transaksi tahun ini mencapai 2.205.468,2 lot hampir tumbuh dua kali lipat dari capaian tahun lalu 1.572.079,9 lot.

Baca Juga: Diterjang sentimen corona, pasar komoditi optimistis mampu tumbuh 15% di 2020

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, pertumbuhan yang cukup signifikan di tiga bulan pertama tahun ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan. Terlebih, di tengah tekanan wabah virus Korona atau Covid-19 saat ini.

Sebagai informasi, KBI merupakan BUMN yang berperan sebagai lembaga kliring dan penjaminan transaksi atas transaksi kontrak berjangka yang ada di Bursa Berjangka Jakarta.

"Investasi di Kontrak Berjangka masih diminati para investor. Ini membuktikan, bahwa perdagangan berjangka komoditi cukup tahan terhadap guncangan ekonomi, baik nasional maupun global," jelas Fajar dalam keterangan resminya kepada Kontan, Sabtu (11/4).

Dalam Kontrak Berjangka Derivatif, terdapat beberapa jenis transaksi, yaitu Currency, Index, Komoditi Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) serta single stock. Untuk transaksi nilai tukar atau currency, sepanjang kuartal I-2020 membukukan volume transaksi sebanyak 252.669 lot, atau meningkat 23% dibandingkan transaksi di periode yang sama tahun lalu yakni 205.646 lot.

Baca Juga: Fajar Surya Wisesa (FASW) catatkan penurunan penjualan dan laba bersih di tahun lalu

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×