kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kisruh industri penerbangan membuat logistik emas dan logam mulia terganggu


Senin, 04 Mei 2020 / 05:33 WIB
Kisruh industri penerbangan membuat logistik emas dan logam mulia terganggu
ILUSTRASI. Harga emas dunia kembali turun: Proses pembuatan emas batangan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian(UBPP) Logam Mulia (LM) PT. Antam Tbk (ANTM), Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (11/6). Harga emas dunia kembali turun. Harga logam mulia di bursa COMEX N


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID -  HONG KONG. Virus corona telah membuat logistik pengangkutan logam mulia seperti emas, perak, dan logam lainnya di seluruh dunia terhambat. Biasanya pengangkutan logam mulia dikerjakan oleh perusahaan logistik seperti Brink's Co, G4S Plc, Loomis AB dan Malca-Amit. Perusahaan tersebut menghubungkan penambang dan penyuling emas dengan pedagang emas di seluruh dunia.

Pada masa-masa normal, emas batangan bernilai jutaan dollar dikirim menggunakan kargo pesawat komersial. Tetapi industri penerbangan yang sedang kacau membuat pasokan emas di pasar emas London terganggu. Bahkan mereka telah mulai berdiskusi untuk mengizinkan pengiriman dari kota-kota lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Puluhan karyawan Freeport dikabarkan positif corona, protokol keselamatan diperketat

Pabrik penyulingan emas asal Swiss, Valcambi SA bahkan dalam lima hari berturut-turut bulan lalu telah mengirim emas dari Hong Kong. "Setelah berbagai argumen, emas tiba di Swiss tanpa peringatan," kata Chief Executive Officer Valcambi Michael Mesaric seperti dikutip Bloomberg. Ia bilang, pengiriman tersebut belum masuk slot.

Perjalanan global membuat industri logam mulia juga harus berjuang mencari cara alternatif untuk tetap bisa dikirimkan. Sekarang paket-paket sering kali ditolak jika tidak penting seperti persediaan medis. 

"Penerbangan komersial terbatas, charter atau kargo kami pun lebih memprioritaskan alat kesehatan seperti peralatan perlindungan pribadi, medis, makanan dan produk penting lainnya daripada memindahkan emas," kata Baskaran Narayanan, Wakil Presiden di Brink's Asia Pacific Ltd.




TERBARU

[X]
×