Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) memprediksikan penjualan selama momen Ramadan dan Lebaran tahun ini dapat meningkat. Direktur Keuangan Kino Indonesia Budi Muljono menilai aktivitas yang lebih normal membuat penjualan KINO tahun ini lebih baik.
"Penjualan tahun ini lebih baik karena memang aktivitas masyarakat sudah lebih normal dibanding periode sebelumnya," tutur Budi kepada Kontan.co.id belum lama ini.
Dia menjelaskan, umumnya sebelum pandemi Covid-19, di saat lebaran penjualan KINO bisa meningkat sekitar 10%-20%. Untuk tahun ini, dia memproyeksikan kenaikan berada di rentang sama seperti sebelum pandemi.
Baca Juga: Laba Melesat, Simak Rekomendasi Saham KINO
Pada kuartal pertama 2022, KINO mengantongi peningkatan penjualan hingga 17,69% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 1,13 triliun dari sebelumnya Rp 964,26 miliar.
Peningkatan penjualan Kino ditopang oleh segmen minuman yang bertumbuh signifikan 71,74% yoy menjadi Rp 659,64 miliar dari sebelumnya Rp 384,08 miliar. Segmen perawatan tubuh berkontribusi hingga Rp 341,85 miliar di kuartal pertama 2022.
Baca Juga: Penjualan Kino Indonesia (KINO) Naik di kuartal I 2022, Laba Bersih Ikut Terkerek
Selanjutnya ada segmen makanan dan farmasi yang menyumbang masing-masing Rp 121,33 miliar dan Rp 11,29 miliar terhadap total penjualan. Sedangkan segmen makanan hewan mencatatkan penjualan paling mini Rp 752,04 juta.
Peningkatan dari sisi penjualan itu turut mengerek laba bersih KINO hingga tiga digit, tepatnya 186,52% yoy menjadi Rp 47,22 miliar. Asal tahu saja, pada periode yang sama tahun sebelumnya, KINO mengantongi laba bersih hingga Rp 16,48 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News