kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45715,13   5,77   0.81%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Kinerja reksadana saham Emco Asset Management tergerus, ada apa?


Rabu, 04 Desember 2019 / 20:49 WIB
Kinerja reksadana saham Emco Asset Management tergerus, ada apa?
ILUSTRASI. Ilustrasi foto Reksadana. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/15/09/2019

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri reksadana saham belakangan menjadi sorotan masyarakat sejak kasus pembubaran reksadana terkuak oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembubaran reksadana tersebut terjadi karena manajer investasi (MI) sebegai pengelola reksadana tidak berlaku profesional dan menyalahi aturan OJK. Dampaknya, beberapa reksadana yang dibekukan juga mengalami penurunan kinerja secara signifikan.

Tidak heran kasus ini membuat investor khawatir. Apalagi, jika investor juga memiliki reksadana yang kinerjanya turun cukup dalam. 

Baca Juga: Minna Padi Jualan, Transaksi Big Caps Naik

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menyebutkan saat ini ada 10% atau sekitar 37 reksadana yang bergerak anomali. Artinya, produk tersebut mencatatkan penurunan lebih dari 40%, padahal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) per Rabu (4/12) hanya turun 1,32% sejak awal tahun. 

Reksadana saham milik Emco Asset Management juga mengalami penurunan dalam. Berdasarkan data Infovesta hingga akhir November, kinerja reksadana Emco Mantap melorot 49,09% sejak awal tahun. Di periode yang sama, reksadana Emco Growth Fund juga turun 49,83%. Sementara, reksadana Emco Saham Barokah Syariah juga turu 51,76%. 

Meski kinerja reksadana saham Emco AM dalam tren turun secara signifikan, Direktur Utama PT Emco Asset Management Eddy Kurniawan menegaskan kegiatan perusahaan hingga saat ini berjalan normal. 

"Kami tidak menerima panggilan apapun dari OJK karena pengelolaan reksadana kami tidak melanggar aturan," kata Eddy, Selasa (3/12). 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×