kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja operasional Aneka Tambang (ANTM) diperkirakan membaik tahun ini


Minggu, 14 Februari 2021 / 18:30 WIB
Kinerja operasional Aneka Tambang (ANTM) diperkirakan membaik tahun ini
ILUSTRASI. Kinerja operasional Aneka Tambang (ANTM) diperkirakan membaik tahun ini


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja operasional PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) diproyeksikan membaik tahun ini. Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia Maryoki Pajri Alhusnah menilai, produksi dan volume penjualan ANTM akan mulai tumbuh, meskipun belum signifikan.

Hal ini mengingat dari sisi produksi sendiri, saat ini sedang terjadi fenomena La Nina atau cuaca ekstrem lainnya, yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Disinyalir, fenomena ini dapat mengganggu proses produksi emiten pelat merah ini.

“Secara jangka panjang, produksi dan volume penjualan akan meningkat walaupun tidak terlalu signifikan,” terang Maryoki kepada Kontan.co.id.

Adapun mayoritas volume penjualan ANTM mengalami penurunan sepanjang 2020. Sejumlah komoditas seperti emas, perak, hingga feronikel mengalami penurunan secara volume.

Baca Juga: Harga nikel solid, simak rekomendasi saham Aneka Tambang (ANTM)

ANTM menjual 26.163 ton nikel dalam feronikel (TNi) sepanjang 2020, menurun tipis 0,18% dari tahun sebelumnya yang sebesar 26.212 TNi. Namun, ANTM mencatatkan volume unaudited feronikel sebesar 25.970 TNi yang merupakan capaian produksi tertinggi sepanjang sejarah Perseroan. Realisasi ini naik 0,9% dari capaian produksi feronikel tahun sebelumnya sebesar 25.713 TNi.

Maryoki menilai, ada sejumlah  penjualan  komoditas ANTM yang berada di atas ekpektasi NH Korindo Sekuritas, seperti  misalnya penjualan feronikel yang  17% di atas ekspektasi.

Namun, realisasi penjualan sejumlah produk masih berada di bawah ekspektasi yang dipasang NH Korindo Sekuritas, seperti komoditas perak yang  masih 16% di bawah ekspektasi. Sebagai gambaran, ANTM menjual 14.589 Kg perak atau menurun 27,90% dari tahun 2019 yang mencapai 20.235 Kg.

Adapun emas dan nikel masih menjadi dua komoditas yang akan mempengaruhi kinerja ANTM. Emas merupakan kontributor utama bagi pendapatan ANTM. Di sisi lain, saham ANTM lebih sensitif terhadap pemberitaan atau katalis yang berkaitan dengan nikel.  Sehingga, dua komoditas tersebut yang akan menjadi katalis bagi ANTM.

Baca Juga: Bergantung demand aluminium, APB3I proyeksikan bisnis bauksit masih sulit di 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×