kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ketegangan Timur Tengah memanaskan harga minyak dunia


Senin, 23 September 2019 / 10:10 WIB

Ketegangan Timur Tengah memanaskan harga minyak dunia
ILUSTRASI. Kilang minyak di Basra, Irak


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak naik ke level tertinggi dalam dua sesi pada hari Senin (23/9) di tengah kekhawatiran tentang gangguan pasokan minyak dari Arab Saudi dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Mengutip Bloomberg, pukul 09.50 WIB, minyak Brent pengiriman November 2019 berada pada level US$ 64,90 per barel, naik 0,96%. Sebelumnya naik hingga US$ 65,50 per barel.

Baca Juga: Harga minyak kembali naik ditopang sentimen positif perundingan dagang AS-China

Minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman November 2019 berada pada level US$ 58,65 per barel, naik 0,96% setelah sebelumnya mencapai level tertinggi US$ 59,39.

Meskipun ada upaya oleh eksportir minyak utama dunia Arab Saudi untuk meyakinkan pasar global bahwa mereka dapat melanjutkan produksi penuh pada akhir bulan ini pasca serangan terhadap fasilitas kilang minyak Saudi Aramco pada pertengahan September, pembeli dan pedagang tetap skeptis.

"Asumsi bahwa pasokan akan kembali dengan sangat cepat, tetapi kenyataannya kemungkinan akan berbeda," kata analis Aspek Energi Virendra Chauhan di Singapura dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri AS: Misi pasukan AS ke Iran dilakukan untuk langkah pencegahan

Ketegangan di Timur Tengah meningkat setelah serangan itu. Pentagon telah memerintahkan tambahan pasukan untuk dikerahkan ke wilayah Teluk untuk memperkuat pertahanan udara dan rudal Arab Saudi.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan


Close [X]
×