kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,87   8,56   0.94%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kena UMA dari BEI, Saham Amman Mineral (AMMN) Berbalik Melandai Hari ini (11/9)


Senin, 11 September 2023 / 15:10 WIB
Kena UMA dari BEI, Saham Amman Mineral (AMMN) Berbalik Melandai Hari ini (11/9)
ILUSTRASI. Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) bergerak melandai pada awal pekan ini, Senin (11/9). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/07/2023


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah konsisten melaju kencang di zona hijau dalam sebulan terakhir, saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) bergerak melandai pada awal pekan ini, Senin (11/9). Hingga pukul 14:57 WIB, AMMN melemah 100 poin atau 1,79% ke harga Rp 5.500 per saham.

Saham AMMN masih dibuka menguat, hingga sempat menyentuh level Rp 5.800. Namun, masih di awal perdagangan, saham AMMN ambles hingga sempat jatuh ke posisi Rp 4.800 sebagai titik terendah harian sejauh ini.

Pergerakan melandai saham AMMN diduga akibat efek Unusual Market Activity (UMA) yang disematkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam pengumuman Jumat (8/9), BEI menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham AMMN yang di luar kebiasaan (UMA).

Baca Juga: Harga Saham AMMN Terus Meroket Usai IPO, Sekarang Saatnya Jual, Beli atau Tahan?

"Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal," tegas Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Yulianto Aji Sadono dan P.H Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Mulyana dalam pengumuman tersebut.

Sehubungan dengan terjadinya UMA tersebut, BEI menyampaikan sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham AMMN. BEI menyarankan empat hal terhadap pelaku pasar. Pertama, memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat (AMMN) atas permintaan konfirmasi Bursa.

Kedua, mencermati kinerja AMMN dan keterbukaan informasinya. Ketiga, mengkaji kembali rencana corporate action AMMN apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Keempat, mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Adapun, informasi terakhir mengenai AMMN yang ada dalam keterbukaan informasi website BEI tercantum pada 5 September 2023. Yakni pengumuman tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek.

Sebelumnya, AMMN menyampaikan aksi korporasi berupa program Management Stock Option Plan (MSOP). Dalam aksi ini, AMMN menerbitkan saham baru sejumlah 602.336.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp 125 per saham, yang akan dikeluarkan dari portepel.

Jumlah itu setara 0,83% dari modal ditempatkan dan disetor AMMN. Dengan menggunakan harga rata-rata penutupan perdagangan saham periode 7 Juli hingga 11 Agustus 2023, didapat harga pelaksanaan sebesar Rp 2.113,38 atau yang dibulatkan menjadi Rp 2.120 per saham.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham Amman Mineral (AMMN) Usai Sukses Gelar IPO

Sebagai informasi, saham AMMN telah bergerak naik sekitar 84% dalam sebulan terakhir. Emiten tambang tembaga dan emas ini resmi melantai di BEI pada 7 Juli 2023, dengan harga penawaran sebesar Rp 1.695 per saham.

AMMN terafiliasi dengan grup konglomerasi besar, yakni Grup Salim dan Grup Medco. PT AP Investment menjadi pemegang saham pengendali AMMN dengan porsi kepemilikan 15,58%, sedangkan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menggenggam 21,09% saham AMMN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×