kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kembangkan bisnis FTTH, XL Axiata (EXCL) jajaki merger dan akuisisi


Rabu, 12 Februari 2020 / 21:34 WIB
Kembangkan bisnis FTTH, XL Axiata (EXCL) jajaki merger dan akuisisi
ILUSTRASI. Langkah XL Axiata menggaet operator FTTH diambil demi mengembangkan bisnis FTTH dengan lebih cepat.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana untuk melakukan merger dan akuisisi operator fiber to the home (FTTH) untuk mengembangkan bisnis FTTH. Langkah XL Axiata untuk menggaet operator FTTH yang sudah berkecimpung terlebih dahulu dalam bisnis ini, diambil demi mengembangkan bisnis FTTH XL Axiata secara lebih cepat.

"Kami sedang menjajaki dengan para pemegang saham potensi untuk melakukan M&A sebagai bentuk pengembangan anorganik," kata Direktur Utama EXCL Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (12/2).

Tapi, Dian belum mau memberitahukan detail rencana tersebut. Di samping rencana merger dan akuisisi, EXCL juga tengah menjajaki kerja sama kemitraan demi mengembangkan jaringan FTTH. Menurut Dian, sudah ada beberapa mitra yang dapat diajak bekerja sama.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) prediksi pendapatan 2020 akan tumbuh di atas industri

Direktur Keuangan EXCL Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajuddin menambahkan, kemitraan ini bertujuan akan memperluas homepass yang dimiliki EXCL. "Fiber kami saat ini mencakup 250.000 homepass di 11 kota dan kami tidak akan bangun lagi. Kami akan berkolaborasi dengan mitra tersebut. Jadi, homepass yang mereka punya juga akan kami miliki," ungkap Adlan.

Pada 2020 ini, EXCL akan fokus untuk menambah jumlah pelanggan FTTH-nya. Sebelumnya, perusahaan ini fokus pada penguatan sistem dan pemasaran, serta perluasan homepass.

Baca Juga: Perkuat jaringan 4G, XL Axiata anggarkan capex Rp 7,5 triliun pada 2020




TERBARU

Close [X]
×