kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Kemarin IHSG ditutup melemah 0,54%, bagaimana proyeksi minggu depan?


Sabtu, 28 September 2019 / 06:10 WIB
Kemarin IHSG ditutup melemah 0,54%, bagaimana proyeksi minggu depan?


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,54% ke level 6.196 di akhir perdagangan saham kemarin. Sejumlah sentimen jadi penggerak IHSG sepanjang sepekan terakhir. 

Direktur Investa Saran Mandiri, Hand Kwee menuturkan pergerakan Indeks sepekan terakhir masih didominasi sentimen perang dagang antara AS-China. Serangan terhadap kilang minyak Arab Saudi juga menjadi sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pekan ini pasalnya Indonesia termasuk negara eksportir minyak. 

Baca Juga: Sepanjang pekan ini, rupiah melemah tertekan oleh sentimen eksternal dan internal

Kebijakan penurunan suku bunga The Fed yang turun 2 pekan lalu juga berimbas pada pasar karena mendapatkan respons negatif pasca The Fed menyatakan tidak akan ada lagi penurunan suku bunga lanjutan. 

Adanya demo yang belakangan ini terjadi di dalam negeri juga menjadi sentimen yang mempengaruhi pergerakan bursa menurut analis Iindo Premier Sekuritas Mino.  Pada perdagangan pekan depan, menurut Mino IHSG masih akan dipengaruhi oleh sentimen perkembangan politik dalam negeri. 

Pasar akan menantikan keputusan presiden terkait penerbitan Perppu untuk membatalkan revisi Undang-undang KPK. Diiringi sentimen window dresing yang menurut William juga masih akan berlanjut. 

Dari global, Hans melihat pasar masih akan menyoroti sentimen perang dagang terkait pertemuan AS-Tiongkok dalam rangka negosiasi. Kelanjutan penyelidikan Trump atas dugaan penyelidikan lawa politiknya di pemilu AS tahun 2020 mendatang juga masih akan menjadi perhatian bagi pasar. 

Baca Juga: Simak rekomendasi MNC Sekuritas saham BBTN, JPFA, GIAA, dan TLKM hari ini

Pada perdagangan pekan depan William Hartanto dan Mino sama-sama memproyeksikan IHSG akan menguat. William memproyeksikan IHSG akan berada di level 6180 – 6300 pada pekan depan sementara Mino memproyeksikan IHSG akan berada di level support di level 6.090 dan resistance 6.325.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×