kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,13   5,82   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar pabrik baru, SRIL perbesar pasar ekspor


Kamis, 04 Agustus 2016 / 18:51 WIB
Kejar pabrik baru, SRIL perbesar pasar ekspor


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) mengejar target pengoperasian pabrik baru tahun depan demi meningkatkan kapasitas ekspor ke pasar-pasar baru yang juga akan dikejar pada tahun ini. SRIL menargetkan paling lambat tahun depan sudah ada kesepakatan dengan pasar baru mereka.

“Pasar baru yang kami bidik ada tiga negara di Eropa. Di antaranya ada negara pecahan Uni Soviet. Pertimbangan 3 negara itu karena sudah ada prospek, sudah ada pembicaraan,” kata Corporate Secretary Sri Rejeki Isman Welly Salam, Kamis (4/8).

Ia menyatakan, SRIL tidak ingin terlalu menyebar pasar karena secara kapasitas masih belum mampu, sehingga pabrik baru juga harus dikejar bersamaan. Pabrik baru ini nantinya bertujuan untuk mengkhususkan line uniform dengan line fashion. Komposisi kapasitas pabrik yang ada saat ini sendiri 55-56 persen didominasi oleh garmen militer.

Sekadar catatan, kapasitas produksi per divisi di pabrik SRIL saat ini adalah 566 ribu bail per tahun untuk benang, 120 juta m per tahun untuk tenun, 120 juta yard untuk kain, dan 18 juta potong untuk garmen. Diharapkan dengan pabrik baru kapasitas pabrik dapat naik sekitar dua kali lipat.

SRIL dengan merek “Sritex”nya untuk lini baju militer sudah diekspor ke 30 negara. Sementara untuk fashion-nya sudah diekspor lebih dari 50 negara karena destinasi pengirimannya yang beragam-ragam.

“Dari negara yang existing juga permintaannya cukup tinggi, ekspansi kami didorong oleh permintaan-permintaan yang sudah ada, contohnya dari H&M, Walmart, dan K-mart. Adapun untuk uniform permintaan dikarenakan masalah situasi keamanan di negara-negara yang menjadi pasar kami,” katanya.


SRIL menaruh target untuk pengeluaran modal dan pemasangan mesin sudah selesai pada akhir 2016 sehingga di akhir 2017 sudah beroperasi dengan tingkat optimum, dan 2018 sudah beroperasi normal,

SRIL mencatatkan pertumbuhan penjualan semester pertama 2016 sebesar USD 371 juta atau meningkat sebesar 2,5% dari penjualan semester pertama 2015 yang tercatat sebesar US$ 362 juta. Dalam keterangan rilis peningkatan tersebut terutama disumbangkan dari segmen pakaian jadi (garmen) yang meningkat cukup signifikan sebesar 53% dibandingkan penjualan di periode sebelumnya.

Margin laba bersih SRIL juga mengalami kenaikan menjadi 8,6% dari periode sebelumnya sebesar 8,3%. Laba bersih SRIL untuk semester pertama 2016 tercatat sebesar US$ 31,9 juta dan pada semester pertama 2015 tercatat sebesar US$ 30,1 juta, sehingga ada kenaikan laba bersih sebesar 6%.

Tahun 2016 ini SRIL menargetkan penjualan tumbuh 5% sampai 7% dibanding tahun 2015. Untuk laba bersih ditargetkan tumbuh sebesar 8%-15% dibanding laba bersih tahun 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×