kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapitalisasi aset kripto tembus Rp 28.000 triliun, Bitcoin lebih dari separuhnya


Selasa, 06 April 2021 / 11:18 WIB
Kapitalisasi aset kripto tembus Rp 28.000 triliun, Bitcoin lebih dari separuhnya
ILUSTRASI. Total kapitalisasi pasar dari mata uang kripto menembus US 2 triliun atau Rp 28.000 triliun


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Total kapitalisasi pasar dari mata uang kripto menembus US 2 triliun atau Rp 28.000 triliun (kurs Rp 14.000) untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dilansir dari Bloomberg, Selasa (6/4/2021) nilai kapitalisasi pasar tersebut meningkat dua kali lipat hanya dalam waktu dua bulan akibat peningkatan permintaan oleh pelaku dari kalangan industri. 

Lonjakan kapitalisasi pasar dari aset kripto dipimpin oleh bitcoin. Berdasarkan pelacakan 6.600 koin oleh CoinGecko, saat ini kapitalisasi pasar bitcoin mencapai lebih dari US$ 1 triliun. Harga bitcoin pun telah meningkat dua kali lipat di 2021 menjadi di kisaran US$ 58.858. 

Adapun lima mata uang kripto lain, yakni Ether, Binance Coin, Polkadot, Tether, dan Cardano, bila dikombinasikan nilainya mencapai US$ 422 miliar. Bitcoin tengah berada di atas angin lantaran investor institusi ramai-ramai masuk ke pasar kripto untuk meningkatkan kepemilikan uang tunai mereka di tengah tren suku bunga rendah yang terjadi di pasar keuangan. 

Perusahaan produsen kendaraan elektronik, Tesla, telah lebih dahulu melakukan investasi mata uang kripto sebesar US$ 1 miliar dalam bentuk bitcoin. Perusahaan ini pun telah menerima pembayaran atas pembelian produk mereka dengan bitcoin. 

Baca Juga: Tahun ini, aset investasi valas, emas, dan bitcoin masih fluktuatif

Morgan Stanley juga mulai mengizinkan beberapa klien terkaya mereka untuk menambahkan token kripto dalam portofolio investasi mereka. Di sisi lain, beberapa perusahaan penyedia jasa pembayaran seperti Mastercard dan PayPal mulai mengambil langkah untuk menggunakan bitcoin dalam ekosistem pembayaran mereka. 

Untuk diketahui, harga bitcoin menguat pada perdagangan Senin (6/4) lantaran Grayscale Bitcoin Trust, yang merupakan perusahaan institusi terbesar yang memegang mata uang kripto, menyatakan berencana mengubah dana bitcoin yang selama ini mereka miliki untuk bisa diperdagangkan di bursa atau exchange traded fund (ETF). 

Secara keseluruhan, saat ini Grayscale memiliki US$ 34 miliar dana dalam bentuk bitcoin. Sebelumnya, Coinbase Global, salah satu platform jual beli mata uang kripto terbesar di Amerika Serikat juga menyatakan rencana mereka untuk mulai melakukan perdagangan aset bulan ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kapitalisasi Aset Kripto Tembus Rp 28.000 Triliun, Dipimpin Bitcoin.
Penulis: Mutia Fauzia
Editor: Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Baca Juga: Lagi anjlok, harga bitcoin diproyeksikan naik ke US$ 100.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×