kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kalbe Farma (KLBF) akan pindahkan pabrik Bintang Toedjoe ke Cikarang


Rabu, 22 Mei 2019 / 20:09 WIB

Kalbe Farma (KLBF) akan pindahkan pabrik Bintang Toedjoe ke Cikarang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berencana memindahkan pabrik anak usahanya PT Bintang Toedjoe di Pulomas ke kawasan industri di Cikarang.

Direktur Utama PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius menjelaskan pemindahan ini karena sekarang Pulomas bukan lagi kawasan industri.


"Pabriknya akan dipindah ke Cikarang," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (22/5).

Sampai saat ini Vidjongtius menjelaskan pabrik baru di Cikarang sudah dalam tahap konstruksi dan diharapkan dapat selesai tahun depan.

Asal tahu saja pabrik Bintang Toedjoe yang berada di Pulomas mulai beroperasi pada tahun 1993. Pabrik ini menempati area seluas 12.000 meter persegi. Kemudian pada 2002, Bintang Toejdoe kembali membuka pabrik di atas tanah seluas 25.000 meter persegi.

Dengan kedua pabrik tersebut, perusahaan farmasi yang terkenal dengan obat sakit kepalanya puyer Bintang Toedjoe masih bisa eksis hingga saat ini.

Sebagai tambahan informasi Bintang Toedjoe telah memperoleh sertifikat bertaraf internasional seperti ISO 14000, HACCP, dan OHSAS. Beberapa produk buatan Bintang Toedjoe yang terkenal adalah Extra Joss, E-Juss, Komix dan Puyer Bintang Toedjoe.

Sebelumnya pada 27 Februari 2018 KLBF melalui anak usahanya PT Kalbio Global Medika (KGM) baru meresmikan pabrik bahan baku obat dan produk biologi di Cikarang.

Pabrik ini akan memproduksi erythropoietin (EPO) yang dibutuhkan untuk pengobatan cuci darah dan kanker. Produk ini sudah mulai dipasarkan pada akhir 2018 ke dalam negeri dan diekspor ke ASEAN.

Selain itu pabrik di Cikarang ini juga memproduksi erythropoietin dan granulocyte colony stimulating factor (GCSF) yang merupakan obat untuk meningkatkan produksi granulosit serta produk dengan molekul baru yaitu efepoietin (Long Acting EPO) yang berfungsi untuk menstimulasi pembentukan sel darah merah.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×