kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,31   1,67   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar akuisisi berhembus, saham Centratama (CENT) turun 3,50%


Jumat, 25 September 2020 / 20:27 WIB
Kabar akuisisi berhembus, saham Centratama (CENT) turun 3,50%
ILUSTRASI. Pelaku pasar masih menunggu kebenaran berita tersebut dari pihak Centratama (CENT).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Northstar Advisors Pte, pemegang saham mayoritas PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) sedang melakukan pembicaraan eksklusif dengan Digital Colony terkait rencana akuisisi saham Centratama Telekomunikasi Indonesia.

Apabila melihat data Bursa Efek Indonesia, melalui anak usahanya Clover Universal Enterprise Ltd, Northstar Advisors memiliki 13,04 miliar saham atau setara 41,80% dan menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan menara tersebut.

Menurut sumber Bloomberg, nilai dari transaksi akuisisi ini mencapai US$ 150 juta. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Digital Colony telah mengalahkan pesaingnya untuk menawar kepemilikan saham CENT.

Digital Colony diketahui merupakan perusahaan investasi asal AS yang fokus pada infrastruktur digital terbesar. Perusahaan juga merupakan anak usaha dari Colony Capital.

Baca Juga: Dilepas Northstar Advisors, Centratama Telekomunikasi (CENT) dibidik perusahaan AS

Aset yang dikelola perusahaan tersebut kini sudah lebih dari US$ 20 miliar. Perusahaan ini juga fokus berinvestasi pada pusat data, menara telekomunikasi, fiber optik, dan small cell network.

Muhammad Nafan Aji Gusta Utama Analis Binaartha Sekuritas mengungkapkan, rencana akuisisi saham CENT oleh salah satu perusahaan infrastruktur digital besar di AS yakni Digital Colony akan berimbas positif untuk kinerja CENT. "Apabila rencana tersebut dapat terealisasi dan benar adanya, memang seyogianya bisa memberikan manfaat bagi CENT dalam rangka meningkatkan kinerja, misalnya saja dari sumber dayanya," ujar Nafan, Jumat (25/9).

Dari segi kinerja, emiten ini masih mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 508,60 miliar pada semester pertama tahun ini atau meningkat 27,15% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 399,99 miliar. Tapi, CENT harus menanggung rugi sebanyak Rp 21,81 miliar pada semester I-2020. Padahal pada periode yang sama tahun lalu CENT masih mengantongi laba periode berjalan Rp 12,12 miliar.

Baca Juga: Clover Borong 1,83 Miliar Saham CENT, Sejak Juni Harganya Sudah Naik 177,36%

Nafan menambahkan, pelaku pasar masih menunggu kebenaran berita tersebut dari pihak CENT. Kontan telah menghubungi manajemen Centratama Telekomunikasi Indonesia guna mengonfirmasi kabar mengenai akuisisi tersebut, sayangnya belum memperoleh respons dari manajemen CENT hingga berita ini ditulis.

Nafan menambahkan, ketidakpastian kabar dari rencana transaksi ini malah membuat harga saham CENT terkoreksi 3,50% ke harga Rp 138 per saham pada perdagangan Jumat (25/9). Untuk saat ini, dia menyarankan pelaku pasar untuk hold saham CENT.

Baca Juga: Centratama Menunda Penerbitan Global Bond US$ 500 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×