Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Arkadia Digital Media Tbk Sumarjono mengungkapkan bahwa fenomena berita-berita hoax yang muncul di media sosial maupun portal-portal online patut dicermati dan diperangi agar tidak mempengaruhi masyarakat.
"Sejauh ini kita berusaha jalin koalisi dengan 12 media atas munculnya berita-berita hoax di medsos maupun yang dibuat oleh jurnalis," jelasnya dalam jumpa pers di Century Park Hotel Senayan, Jakarta, Senin (6/8).
Sumarjo bilang Info dari media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Twitter perlu dikonfirmasi dengan jelas kebenarannya sebelum di-share ke publik atau sebelum dibuat menjadi berita.
Sosok yang pernah menjadi ketua Aliansi Jurnalis Independen ini berharap ke depan, para jurnalis mampu menjadi agen penyebar berita-berita yang benar dan akurat bagi publik.
"Rekan-rekan media harus jadi agen untuk menyaring dan memverifikasi informasi yang akurat, terpercaya dan tepat bagi masyarakat," tandasnya.
Arkadia Digital Media berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini lewat skema penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO).
Masa penawaran IPO berlangsung dari 21-24 Agustus 2018. Sedangkan untuk listing di BEI akan dilakukan pada tanggal 29 Agustus 2018.
Perusahaan tersebut berencana akan menawarkan 150 juta lembar saham atau sebesar 54,55% saham dari modal yang ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum perdana saham.
"Sebanyak 100 juta saham adalah saham baru dan 50 juta saham lainnya diambil dari saham pendiri," jelas Direktur Utama Arkadia Digital Media William Martaputra.
Arkadia akan mencatatkan diri di bursa dengan menggunakan laporan keuangan periode Maret 2018. Millenium Danatama Sekuritas ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi IPO.
Pengelola portal berita suara.com ini memberikan range harga penawaran berkisar dari Rp 200-Rp 400 per lembar. "Target Price Book Value (PBV) berkisar dari 1,8 hingga 2,2 kali," ungkap William.
Ia juga bilang, Arkadia menargetkan untuk meraup dana segar sebesar Rp 20 miliar hingga Rp 40 miliar dari IPO dan akan dipakai untuk belanja modal dan ekspansi yaitu membeli sejumlah hardware dan software.
Sekadar info, Arkadia Digital Media adalah perusahaan media online yang memiliki beberapa portal berita, seperti Suara.com, Bolatimes.com, Matamata.com dan Hitekno.com.
Saat ini juga telah menyiapkan dan mengelola beberapa portal. Beberapa masih dalam pengembangan yang mengkhususkan pada banyak topik yang berbeda. Misalkan saja Dewiku.com untuk wanita, Mobimoto.com untuk otomotif, Guideku.com untuk bepergian dan F&B, dan HiMedik.com untuk kesehatan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News