kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jual saham data center, XL Axiata (EXCL) peroleh dana modal kerja


Kamis, 26 Desember 2019 / 21:25 WIB
Jual saham data center, XL Axiata (EXCL) peroleh dana modal kerja
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) mengantongi Rp 90,87 miliar dana hasil penjualan saham perusahaan patungan.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) menjual 1,92 juta saham atas perusahaan patungan PT Princeton Digital Group Data Centres (PDGDC) ke Princeton Digital Group (PDG). Nilai penjualan kepada investor, pengembang, dan operator infrastruktur internet berbasis di Singapura tersebut mencapai Rp 90,87 miliar.

Head of Corporate Communications EXCL Tri Wahyuningsih menyampaikan, dana hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk modal kerja atau operasional saja. "Pasalnya, nilainya kecil dan bukan termasuk transaksi material," ucap dia kepada Kontan.co.id, Kamis (26/12).

Kedua pihak telah mencapai kesepakatan ini pada 3 Juli 2019. Akan tetapi, baru mendapat Pemberitahuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 19 Desember 2019. Bersamaan dengan transaksi jual-beli kepemilikan tersebut, PDGDC juga menjatahkan dan menerbitkan 1,4 juta saham baru untuk PDG. Dengan begitu, saat ini, EXCL menggenggam 30% saham PDGDC, sedangkan PDG 70%.

Baca Juga: Saham-saham ini diburu asing, berikut prospek selanjutnya

Sebagai informasi, perusahaan patungan ini memiliki modal dasar Rp 10 miliar. Jumlah modal tersebut terbagi menjadi 100.000 saham dengan nilai nominal Rp 100.000. Dalam kesepakatan kedua belah pihak, setelah terpenuhinya seluruh kondisi dan syarat dalam perjanjian, sebanyak 70% saham PDGDC memang akan dimiliki oleh PDG.

Dalam keterbukaan informasi Senin (23/12), Sekretaris Perusahaan EXCL Murni Nurdini mengatakan, pihaknya menjual kepemilikan pada perusahaan patungan tersebut karena akan lebih fokus ke bisnis seluler dan teknologi. "Sehingga pengelolaan data center akan ditangani secara profesional oleh perusahaan patungan tersebut," kata dia.

EXCL tertarik untuk mendirikan perusahaan patungan ini karena yakin bahwa pasar layanan data center akan berkembang pesat di Indonesia. Ditambah lagi, perpaduan antara pengalaman EXCL dan keahlian yang dimiliki PDG di bidang telekomunikasi dan teknologi akan membawa dampak positif bagi perusahaan patungan tersebut.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) raup Rp 90,87 miliar dari penjualan saham di perusahaan data center

EXCL memiliki lima data center yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, layanan data center PDG dan infrastruktur lainnya telah beroperasi di China, Singapura, Indonesia, dan India.

Meskipun melihat prospek cerah dari bisnis ini, kontribusi bisnis data center terhadap total pendapatan EXCL belum signifikan. Pendapatan dari bisnis data center ini masuk ke dalam pendapatan dari jasa telekomunikasi lainnya yang hanya berkontribusi 2,4% terhadap total pendapatan EXCL yang sebesar Rp 18,72 triliun per September 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×