kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JP Morgan menerima pengelolaan dana aset kripto, harga Bitcoin melesat


Senin, 26 Juli 2021 / 14:31 WIB
JP Morgan menerima pengelolaan dana aset kripto, harga Bitcoin melesat
ILUSTRASI. Harga bitcoin dan ethereum melesat berkat JPMorgan yang bisa kelola dana aset kriptoREUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. JP Morgan Chase mulai menawarkan investasi aset kripto seperti Bitcoin kepada kliennya. Para advisor bank mendapatkan akses ke manajemen investasi grayscale. 

Ada lima fund yang direkomendasikan yaitu Bitcoin Trust, Bitcoin Cash Trust, Ethereum Trust, Ethereum Classic Grayscale dan Bitcoin Trust Osprey Funds. 

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, sejarah baru dalam dunia finansial dan perbankan, dimana bank terbesar di dunia JP Morgan telah menerima pengelolaan dana investasi aset kripto. Ini terjadi karena banyaknya permintaan dari nasabah atau klien dari bank itu. 

Baca Juga: Harga Bitcoin tembus US$ 39.000, di zona hijau 6 hari berturut-turut

Menurut Oscar, ini juga menjadi tanda jika warga Amerika Serikat khususnya nasabah JP Morgan telah melihat Bitcoin sebagai aset. "Jadi, para nasabah Amerika Serikat sudah melihat aset kripto seperti Bitcoin adalah aset, dan tidak bisa dipandang remeh," ujar dia dalam rilis Senin (26/7). Inilah yang membuat nasabah atau klien JP Morgan banyak yang meminta produk investasi aset kripto di JP Morgan. 

Oscar Darmawan mengungkapkan, pada mulanya, JP Morgan adalah bank yang anti dengan crypto. CEO JP Morgan Jamie Dimon sempat menyatakan Bitcoin adalah bentuk penipuan besar. Namun, hal itu telah dibantahnya dan belakangan ini, JP Morgan akhirnya ikut mempercayai bitcoin sebagai aset finansial yang baik sehingga ditawarkan kepada nasabahnya. 

"Karena permintaan dari nasabah terhadap aset kripto terus berdatangan. Hingga akhirnya, JP Morgan menerima pengelolaan dana investasi dari klien ritelnya," jelas Oscar

Nantinya, akan ada banyak bank-bank lain yang bisa mengelola dana investasi berbentuk aset kripto. Tidak menutup kemungkinan, dua pesaingnya Goldman Sachs dan Morgan Stanley akan melakukan hal yang sama. Morgan Stanley bisa saja lebih dulu karena bank itu telah mengajukan ke SEC (Otoritas Keuangan AS). 

“Bahkan, bank di negara lain juga bisa jadi meniru langkah JP Morgan,” kata Oscar Darmawan.

Oscar melanjutkan, aset kripto adalah teknologi dan produk keuangan yang tidak bisa dibendung. Karena aset kripto, memang dibutuhkan oleh orang-orang, mengingat fungsinya sebagai aset untuk menyimpan kekayaan. Selain itu, aset kripto juga menggunakan teknologi blockchain yang merupakan teknologi mutakhir. 

Baca Juga: Bitcoin Sudah Memiliki ATM dan Tersedia di Circle-K

“Orang Indonesia juga bisa membeli Bitcoin, Ethereum dan aset kripto lain di Indodax. Karena aset kripto sudah diatur oleh pemerintah Indonesia,” kata Oscar. 

Hari ini (26/7), harga Bitcoin dan Ethereum melanjutkan rally kenaikan harga. Pagi ini, Bitcoin menyentuh Rp 561 juta dan kenaikan harga 11% dalam waktu 24 jam. Ethereum juga telah melewati Rp 32 juta. 

Kenaikan ini sudah terjadi semenjak 3 hari yang lalu. Event internasional The B Word Conference yang menghadirkan CEO Tesla Elon Musk dan CEO Twitter Jack Dorsey pada pekan lalu membuat harga Bitcoin dan Ethereum rally selama 3 hari berturut-turut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×