kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang keputusan harga BBM, rupiah masih loyo


Jumat, 30 Maret 2012 / 10:21 WIB
Jelang keputusan harga BBM, rupiah masih loyo
ILUSTRASI. Penyewaan kendaraan dan alat berat untuk pertambangan PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) di Kalimantan Timur.


Reporter: Dyah Ayu Kusumaningtyas | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Rupiah loyo jelang keputusan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, hari ini. Data pasar spot menunjukkan, rupiah melemah 0,1% ke posisi Rp 9.193 per dollar AS pada pukul 09.47 WIB. Jika dihitung, dalam sepekan ini, mata uang Garuda ini juga sudah terdepresiasi sebesar 0,7%.

Analis Bank BNI, Klara Pramesti menyebut, hari ini, rupiah konslidasi dengan kecenderungan melemah, karena masih menunggu kepastian tarif baru BBM. Dia memprediksi, rupiah akan bergulir pada range support 9.200 dan resistance di 9.165.

Lebih lanjut, dia menduga, pelemahan tersebut masih akan berlanjut hingga sepekan mendatang. "Secara teknikal, potensi rupiah terdepresiasi masih ada. Hal itu terindikasi dari downtrend stochastic yang cenderung slow menandakan pelemahan. Selain itu posisi candle stick rupiah juga berada di area negatif," urainya, Jumat 930/3).

Sedangkan, untuk sentimen fundamental di pekan depan sangat minim yang bisa memberikan dukungan bagi rupiah untuk menguat terhadap dollar AS. Tidak hanya dari global, sentimen domestik pun sepertinya akan membawa dampak negatif kepada pergerakan rupiah.

"Seperti pengumuman inflasi Maret pada pekan depan yang diprediksi sudah tinggi, sebelum harga BBM naik, yaitu sebesar 4,02% (y o y) dari 3,56% di Februari kemarin (y o y)," ujar Klara. Sepekan mendatang, dia memprediksi, rupiah akan melanjutkan pelemahan di kisaran 9.140 - 9.200.

Sementara itu, Dealer Forex Bank Rakyat Indonesia (BRI), Putu Andi Wijaya menduga, rupiah akan bergerak di level 9.150 - 9.200 pada pekan depan. "Rupiah akan bergerak flat, tidak terlalu banyak berubah dari pergerakan selama seminggu ini," kata Putu, Jumat (30/3).

Menurutnya, kabar mengenai hasil kenaikan harga BBM tidak terlalu banyak memengaruhi pergerakan rupiah terhadap dollar AS pada pekan mendatang. Putu berharap pemeringkat S&P yang sedang dalam proses pengkajian, segera memberikan rating investment grade kepada Indonesia, karena sentimen itu dapat membantu penguatan rupiah kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×