kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO Barito Renewables (BREN) Hanya Lepas 3,35% Saham, Ini Kata BEI


Jumat, 15 September 2023 / 13:11 WIB
IPO Barito Renewables (BREN) Hanya Lepas 3,35% Saham, Ini Kata BEI
ILUSTRASI. PLTP Wayang Windu milik Star Energy di Pangalengan, Kabupaten Bandung.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satu lagi perusahaan Grup Barito yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni PT Barito Renewables Energy Tbk yang berencana melakukan penawaran umum saham perdana alias initial pubic offering (IPO).

Perusahaan yang nantinya menggunakan kode saham (ticker) BREN ini melepas sebanyak-banyaknya 4,5 miliar saham. Jumlah ini hanya setara 3,35% dari modal disetor dan ditempatkan setelah IPO.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, walaupun jumlah saham yang ditawarkan ke publik sebesar 3,35%, terdapat 9% pemegang saham lama yang dapat diklasifikasikan sebagai saham free float.

“Sehingga jumlah saham free float bREN setelah Penawaran Umum menjadi 12,05% memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bursa No. I-A,” kata Nyoman kepada awak media, Jumat (15/9).

Baca Juga: Barito Renewables Berencana IPO, Bidik Dana Rp 3,51 Triliun

Berdasarkan peraturan Bursa No. I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat, serta berdasarkan ekuitas yang dimiliki, menyebutkan bahwa jumlah Saham Free Float setelah penawaran umum paling sedikit 10% dari jumlah saham yang akan dicatatkan di Bursa, bagi calon perusahaan tercatat yang memiliki nilai ekuitas sebelum penawaran umum lebih dari Rp2 triliun.

Adapun dalam aksi korporasi ini, BREN memasang harga penawaran awal (bookbuilding) di rentang Rp 670 sampai Rp 780. Dus, Perusahaan yang bergerak di sektor energi baru terbarukan (EBT) ini berpotensi meraup dana sebanyak-banyaknya Rp 3,51 triliun.

Masa penawaran awal berlangsung mulai 18 September 2023 sampai 25 September 2023.  Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek yakni BNI Sekuritas. Sementara penjamin emisi efek akan diumumkan kemudian.

PT Barito Renewables Energy merupakan anak usaha dari PT Barito Pacific Tbk (BRPT). BRPT tercatat mengempit 86,51 miliar saham BREN atau setara 66,67%.

Setelah IPO, persentase kepemilikan BRPT di BREN akan menurun menjadi 64,43% dengan jumlah kepemilikan saham teta[ 86,51 miliar

BREN akan menjadi perusahaan induk bagi semua inisiatif Grup Barito di sektor energi terbarukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×