kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -10,36   -1.04%
  • EMAS952.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Investor hati-hati, harga emas spot turun tipis ke US$ 1.896 per ons troi di hari ini


Rabu, 30 September 2020 / 08:11 WIB
Investor hati-hati, harga emas spot turun tipis ke US$ 1.896 per ons troi di hari ini
ILUSTRASI. Harga emas turun tipis


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Setelah menguat di sesi sebelumnya, harga emas spot kembali koreksi di awal perdagangan hari ini. Sentimen datang dari sikap hati-hati investor yang menunggu hasil dari debat perdana presiden Amerika Serikat (AS). Sementara itu, optimisme atas adanya bantuan terkait dampak virus corona di AS mempersempit pelemahan. 

Rabu (30/9) pukul 08.00 WIB, harga emas spot turun 0,1% menjadi US$ 1.896,03 per ons troi. Pada sesi sebelumnya, harga emas mencapai level tertinggi dalam satu minggu di US$ 1.899,12 per ons troi.

Tak jauh berbeda, harga emas berjangka kontrak pengiriman Desember 2020 juga melemah 0,1% menjadi US$ 1.889,70 per ons troi. 

Pelemahan emas yang terbatas juga terbantu oleh indeks dolar AS yang juga koreksi 0,1% terhadap sejumlah mata uang saingannya. Ini membuat emas yang diperdagangkan dalam the greenback menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. 

Baca Juga: Jelang debat presiden AS, harga emas spot ditutup perkasa ke US$ 1.896 per ons troi

Presiden AS Donald Trump dan kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden akan segera memulai debat presiden pertama mereka. Sejumlah analis politik menyebut debat ini menjadi peluang terbaik Trump untuk membalikkan persaingan setelah dia secara konsisten tertinggal dari Biden dalam jajak pendapat.

Di sisi lain, Ketua DPR AS Nancy Pelosi berharap, kesepakatan bantuan virus corona dengan Gedung Putih dapat terjadi di minggu ini. Hal tersebut diungkapkan Pelosi setelah berbicara dengan Menteri Keuangan Steve Mnuchin.

Selain itu, Ketua Federal Reserve New York John Williams mengatakan, pemulihan ekonomi AS dari resesi terkait virus corona ternyata lebih kuat dari yang diharapkan. Namun dia tetap menegaskan bahwa ekonomi Negeri Paman Sam baru bisa seutuhnya pulih dalam tiga tahun mendatang.

Namun sentimen dari lonjakan kasus virus corona tetap menjadi penopang utama bagi harga emas. Terlebih menurut perhitungan Reuters, kini jumlah kematian akibat virus corona global sudah melampaui angka 1 juta pada Selasa (29/9).

 

Selanjutnya: Tertekan jelang akhir kuartal ketiga, IHSG hanya turun tipis dalam tiga bulan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×