kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor asing catat net sell Rp 2,81 triliun pekan lalu, saham ini masih menarik


Minggu, 21 Juni 2020 / 14:40 WIB
Investor asing catat net sell Rp 2,81 triliun pekan lalu, saham ini masih menarik
ILUSTRASI. Pekerja melintas di depan papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Rabu (17/6). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat ke zona hijau pada akhir perdagangan hari ini, Rabu (17/06). Pada pukul 16.00 WI


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor asing mencatatkan aksi jual bersih di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp 653,44 miliar pada perdagangan Jumat (19/6). Dalam sepekan, investor asing sudah mencatat net sell sebesar Rp 2,81 triliun di seluruh pasar.

Adapun sejumlah saham yang banyak dilepas asing dalam seminggu terakhir meliputi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), Bank Central Asia Tbk (BBCA), Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) lalu Astra International Tbk (ASII).

Baca Juga: IHSG diperkirakan melemah di awal pekan

Lalu Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani melihat, masih ada potensi berlanjutnya net sell asing pada pekan depan. Hal ini dipicu kecemasan akan meningkatnya kasus Covid-19 terutama di Amerika Serikat dan di Indonesia. "Ini membuat investor asing kembali melakukan rebalancing pada portfolio mereka," ujarnya ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (21/6).

Lebih lanjut ia bilang, saham-saham yang banyak dilepas asing merupakan saham big caps yang otomatis banyak dimiliki oleh investor asing.

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, ada sejumlah sentimen yang akan menyetir pasar pada pekan depan. 

Baca Juga: Dana Asing Kabur Rp 2,81 T Dalam Sepekan, Ini Daftar Saham yang Paling Banyak Dijual

Beberapa data penting khususnya dari Amerika, Europe, dan Jepang mungkin akan menjadi kunci. Selain itu, data mengenai peningkatan jumlah korban yang terinfeksi akibat pelonggaran masih akan menjadi sentimen utama.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×