kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Intip Rekomendasi Saham yang Menarik Dilirik dari Sejumlah Analis Hari Ini (29/9)


Kamis, 29 September 2022 / 09:27 WIB
Intip Rekomendasi Saham yang Menarik Dilirik dari Sejumlah Analis Hari Ini (29/9)
ILUSTRASI. Rekomendasi saham dari sejumlah analis saat IHSG dibuka menguat di pagi ini (29/9)


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada pagi ini (29/9). IHSG pun beranjak dari posisi 7.077,03 pasca ditutup turun 0,50% pada Rabu (28/9).

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya melihat sentimen global bisa menjadi pendorong bursa saham. IHSG berpotensi rebound seiring aksi jual yang mulai mereda di bursa global.

Bursa Amerika Serikat (AS) dan Eropa kompak rebound setelah Bank Sentral Inggris mengumumkan akan melakukan pembelian obligasi dan menghentikan program quantitative easing untuk menjaga stabilitas pasar.

"Selain itu juga dari AS banyak rilis data ekonomi yang bagus, seperti indeks keyakinan konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan dan penjualan rumah baru yang di atas ekspektasi," kata Cheryl kepada Kontan.co.id, Kamis (29/9).

Cheryl memperkirakan IHSG berpotensi rebound dengan rentang pergerakan 7.050 - 7.200. Pada perdagangan hari ini, pelaku pasar bisa menimbang untuk speculative buy saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Baca Juga: IHSG Melesat ke 7.129,4 di Pagi Ini (29/9), Seluruh Indeks Sektoral Menguat

Selanjutnya, Cheryl menyarankan buy untuk saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), dan  PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS).

Berdasarkan analisa teknikal, Equity Research Analyst Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan rentang 7.046 - 7.108.

"Namun hati-hati, volatilitas masih cukup tinggi," ujar Desy.

Saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bisa dicermati dengan support Rp 4.090 dan resistance Rp 4.240. Kemudian PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) support Rp 2.310 dan resistance Rp 2.460, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) support Rp 4.450 dan resistance Rp 4.600.

 

 

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Indonesia Rizky Khaerunnisa menaksir jika mampu bergerak bullish, IHSG berpeluang menguat ke resistance 7.127 - 7.140.  "Jika kembali bearish, IHSG diperkirakan bergerak ke kisaran support 7.015 - 7.039," kata Rizky.

Rizky menyarankan pelaku pasar untuk trading buy saham TOWR, PT Mahaka Media Tbk (ABBA), PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), dan PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA).

Head of Research NH Korindo Sekuritas Indonesia Liza Camelia Suryanata melihat IHSG bisa terpapar angin segar untuk mendorong adanya technical rebound. Ada sejumlah katalis seperti penguatan indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) yang naik 1,88%.

Selain dari penguatan DJIA, katalis lain datang dari turunnya yield obligasi AS dan turunnya US Dollar Index, penguatan EIDO 1,19% serta naiknya harga beberapa komoditas seperti minyak (4.88%), emas (2.03%), nikel (1.75%) dan Timah (0.19%).

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham BRIS, AGII, ELSA, MPPA, dan ACES, Kamis (29/9)

Menimbang penutupan IHSG kemarin, resistance terdekat hari ini ada di posisi 7.110. "Meskipun kita berharap akan adanya teknikal rebound, tapi cukup konservatif, mengingat posisi IHSG yang masih rentan ancaman turun ke angka 7.000," kata Liza.

Saham-saham pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk beli hari ini adalah PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Lalu speculative buy saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×