kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Progress Terbaru Bisnis Hijau Indo Tambangraya Megah (ITMG)


Kamis, 17 Agustus 2023 / 14:07 WIB
Intip Progress Terbaru Bisnis Hijau Indo Tambangraya Megah (ITMG)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik perusahaan batubara PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) melalui anak usahanya PT Indominco Mandiri (IMM) di Bontang, Kalimantan Timur.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) terus menggenjot bisnis non batubara dalam rangka diversifikasi bisnis. Dalam upaya mengambil bagian dalam bisnis energi terbarukan dan teknologi energi, ITMG mendirikan PT ITM Bhinneka Power (IBP).

Dalam perkembangannya, ITM Bhinneka Power membentuk dua anak perusahaan, yaitu PT Cahaya Power Indonesia (CPI) yang fokus pada pengembangan atap panel surya untuk komersial dan industri, serta PT IBP Hydro Power (IHP) yang akan bergerak dalam bisnis energi terbarukan berbasis pembangkit listrik tenaga air di masa depan.

Bisnis terbarukan yang dijalankan ITMG berfokus menyediakan pasokan energi yang efisien dan ramah lingkungan ke properti mitra usaha di area komersial. Sementara di sektor industri, sejumlah proyek panel surya telah dibangun untuk pelanggan dari berbagai industri, yang pada gilirannya menambah portofolio energi surya ITMG.

Baca Juga: Kinerja Turun di Semester I 2023, Simak Rekomendasi Saham Indo Tambangraya (ITMG)

Sampai dengan paruh pertama tahun ini, ITMG berhasil mendapatkan kontrak kumulatif mencapai 9,7 Megawatt peak  (MWp), dimana kontrak tambahan sebesar 1,0 MWp didapatkan pada kuartal kedua 2023. Dari jumlah tersebut, total kapasitas proyek yang telah atau sedang dikerjakan adalah sebesar 5,8 MWp.

Sementara itu, secara internal, ITMG juga terus mencari peluang dalam memanfaatkan sumber energi terbarukan. Dalam hal ini, ITM Bhinneka Power telah mengembangkan pembangkit hibrida surya PV di Bunyut guna mendukung operasi pertambangan ITMG.

 

Dalam hal pembangkitan energi, ITMG berencana mengembangkan ladang surya di lokasi strategis sambil mempertimbangkan transisi dari diesel ke energi surya dengan dukungan BESS (Battery Energy Storage System). 

Perhatian lainnya adalah meningkatkan keterlibatan dalam proyek energi terbarukan yang sudah berjalan dengan bekerja sama dengan mitra berpengalaman.

Baca Juga: Semester I-2023, Produksi dan Penjualan Batubara Indo Tambangraya Kompak Naik

Dalam hal bisnis teknologi energi, perusahaan aktif mengembangkan produk berbasis energi surya guna memperluas kapasitas listrik terbarukannya. ITMG juga akan menjelajahi potensi dalam teknologi energi dan prakarsa efisiensi energi. 

“Selain itu, kerja sama strategis juga sedang dijajaki guna mendorong inovasi dan memperkuat ekosistem energi terbarukan yang ada,” kata Direktur Utama ITMG Mulianto, Rabu (16/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×