kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Integrasi Ekosistem Picu Transaksi Grup Goto Naik selama Ramadan


Kamis, 19 Mei 2022 / 11:07 WIB
Integrasi Ekosistem Picu Transaksi Grup Goto Naik selama Ramadan


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Saat belanja online telah menjadi gaya hidup sehari-hari, ekosistem digital yang terintegrasi terbukti menambah kenyamanan konsumen dalam berbelanja. Alhasil, jumlah transaksi pun meningkat. Penjual serta penyedia layanan ekosistem digital juga turut menikmati keuntungannya.

Peningkatan signifikan jumlah transaksi, pengguna, serta tingkat penggunaan layanan antar platform ekosistem digital PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) selama bulan Ramadan 2022 menunjukkan hal tersebut.

Integrasi erat antara ketiga platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh konsumen dengan memanfaatkan sebagian atau seluruh layanan yang terdapat di dalam ekosistem GoTo. Beberapa contoh penggunaan terintegrasi tersebut seperti memesan makanan melalui layanan GoFood dan membayar melalui GoPay, atau berbelanja di Tokopedia dengan membayar menggunakan GoPay dan mengirimkan menggunakan layanan GoSend.

“Pendekatan ekosistem terintegrasi GoTo semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di platform Grup GoTo. Hal ini terlihat dari peningkatan, baik transaksi, jumlah pengguna, maupun tingkat penggunaan layanan antar platform selama bulan Ramadan tahun ini dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021,” kata Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo.

Pertumbuhan signifikan

GoTo mencatat sejumlah lonjakan transaksi yang signifikan selama Ramadan 2022 dibandingkan dengan Ramadan 2021 yang dipengaruhi oleh integrasi ketiga platform ekosistem GoTo.

Di antaranya, jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday) sepanjang bulan Ramadan 2022 tumbuh sebesar 85% dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021. Jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instant maupun sameday GoSend sepanjang bulan Ramadan 2022 meningkat sebesar 60% dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021.

Selain itu, jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood meningkat sebesar 25% pada bulan Ramadan 2022 dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021. Sementara itu, mitra GoFood yang menggunakan sarana promosi digital melalui platform Gojek tumbuh sebesar 46% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar secara kumulatif tumbuh sebesar lebih dari 35% sepanjang bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021. Pertumbuhan ini terjadi seiring pelonggaran pembatasan aktivitas sosial, lebih banyak dilakukannya kegiatan ‘buka puasa bersama’ secara offline, kunjungan dan berkumpul bersama keluarga, serta mulai kembalinya karyawan bekerja di kantor (work from office).

Penggunaan GoPay juga tumbuh secara signifikan sepanjang periode puncak belanja di bulan Ramadan, sebagai hasil dari integrasi yang mendalam antara GoTo Financial dengan

Tokopedia. Di sisi lain, donasi sosial yang diberikan melalui GoPay (baik secara offline maupun online) meningkat selama bulan Ramadan, dengan pertumbuhan sebesar 40% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dengan ekosistem yang komprehensif, GoTo dapat menjawab lebih dari dua pertiga konsumsi rumah tangga masyarakat Indonesia di lebih dari 90% kecamatan di seluruh Indonesia, serta berkontribusi terhadap sekitar 2% dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. Cakupan yang luas tersebut juga memungkinkan konsumen mendapatkan produk dan layanan yang paling relevan dan tersedia paling dekat dengan mereka, dengan pengantaran yang cepat dan murah.

“Sebagai ekosistem yang dipercaya dan diandalkan masyarakat dalam kesehariannya, GoTo berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi terbaik dan mendorong kemajuan bagi semua pihak. Kami akan melakukannya melalui lebih banyak inovasi terhadap layanan yang kami tawarkan, seiring dengan terus memberi nilai dan manfaat bagi para pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan secara berkelanjutan,” pungkas Nila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×