kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   0,00   0.00%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Ini strategi Bumi Resources (BUMI) dongkrak kinerja di tengah volatilitas batubara


Selasa, 02 Juni 2020 / 12:06 WIB
Ini strategi Bumi Resources (BUMI) dongkrak kinerja di tengah volatilitas batubara
ILUSTRASI. perusahaan tambang batubara Bumi Resources tbk

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kienerja PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengalami tekanan sepanjang tiga bulan pertama 2020. Emiten tambang batubara ini membukukan kerugian bersih hingga US$ 35,1 juta, berbanding terbalik dengan kinerja kuartal I-2019 yang masih mampu mencatatkan laba bersih yang dapat diatribusikan senilai US$ US$ 48.4 juta.

Sementara itu, pendapatan bersih BUMI sepanjang tiga bulan pertama 2020 juga ikut turun. BUMI mencatatkan pendapatan bersih sebesar US$ 1,07 miliar, turun 4% dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$ 1,125 miliar.

Baca Juga: Bumi Resources (BUMI) merugi US$ 35,1 juta di kuartal pertama 2020

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Bumi Resources Dileep Srivastava mengatakan, turunnya kinerja BUMI disebabkan oleh penurunan tajam harga batubara yang dimulai sejak akhir 2018 akibat perang dagang China dengan Amerika Serikat.

Ditambah, pada Kuartal I-2020 harga batubara mencapai titik terendah sejak 2016 karena pandemi Corona (Covid-19) dan karantina wilayah (lockdown) di banyak negara yang memengaruhi permintaan batubara.

Baca Juga: Jelang sore, harga emas spot bergerak di US$ 1.706,87 per ons troi

Dileep menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi guna meningkatkan kinerja. Yang pertama, BUMI akan menghasilkan lebih banyak batubara berkualitas tinggi.

Selain itu, BUMI memasok batubara pasar utama sembari mengamati pasar India ketika Negara tersebut mencabut status lockdown.

“BUMI juga mengambil keuntungan dari harga minyak yang lebih rendah. Sekitar 25% dari biaya tunai BUMI memiliki keterkaitan dengan minyak serta melakukan optimasi semua biaya,” ujar Dileep, kemarin (1/6).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×