kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini dia panduan reksadana ritel dengan cuan paling menjanjikan


Rabu, 18 September 2019 / 17:22 WIB

Ini dia panduan reksadana ritel dengan cuan paling menjanjikan
ILUSTRASI. Bareksa Kontan Fund Awards 2018

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Untuk ketiga kalinya, pada tahun ini, KONTAN bersama dengan portal investasi Bareksa, menggelar penghargaan “Bareksa-KONTAN Fund Awards 2019. Dalam ajang ini, KONTAN bersama Bareksa memberikan penghargaan kepada produk reksadana dan manajer investasi terbaik, serta sosok yang berpengaruh positif bagi perkembangan industri reksadana di Indonesia.

Pemeringkatan kinerja reksadana ini dibuat berdasarkan data kinerja per Juni 2019. Adapun seperti di tahun-tahun sebelumnya, penghargaan diberikan per kategori reksadana, berdasarkan periode investasi, serta besaran dana kelolaannya.

Alhasil, terdapat 27 kategori produk reksadana terbaik, satu kategori impact fund, delapan kategori manajer investasi jawara, dan satu tokoh paling berpengaruh di industri reksadana.

Hasil pemeringkatan reksadana terbaik diharapkan bisa jadi pegangan masyarakat yang mau berinvestasi di reksadana.

Proses pemeringkatan ini dikawal oleh dewan juri, yang terdiri dari Mas Achmad Daniri (Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance/KNKG), Lukas Setia Atmaja (Akademisi Universitas Prasetya Mulya), dan Pemimpin Redaksi KONTAN Ardian Taufik Gesuri.

Ni Putu Kurniasari, Chief of Research & BD Bareksa menjelaskan bahwa penilaian produk reksadana terbaik dilakukan dengan metode sharpe ratio, yang mengukur tingkat return serta risiko pengelolaan.

“Pemenang dari masing-masing kategori ditentukan berdasar nilai sharpe ratio tertinggi,” kata dia.

Adapun manajer investasi terbaik dinilai memakai metode weighted average sharpe (WAS), yang menggambarkan rata-rata tertimbang dari sharpe ratio seluruh produk reksadana yang dikelola manajer investasi (MI) tersebut.

Selain itu, ada pula pertimbangan governansi dari pemberitaan media, untuk memastikan bahwa MI mempunyai reputasi yang baik.

Sementara, sosok paling berpengaruh dipilih dengan kriteria berpengalaman di industri reksadana minimal 15 tahun dan masih aktif di industri ini, serta punya peran penting baik dalam hal inovasi maupun pemasaran.

Tahun ini, penghargaan Bareksa-KONTAN menampilkan kategori baru, yakni Impact Fund. Penghargaan ini diberikan bukan hanya berdasar return terbaik namun juga misi sosial yang diemban produk tersebut.

Seluruh penghargaan untuk kalangan industri reksadana ini akan diberikan pada Rabu (18/9) malam di Upper Room, Annex Building, Jakarta.

Acara ini dibuka dengan talkshow e-Money : Ekspansi Ekosistem dan Terobosan Pembayaran untuk e-Investasi di Indonesia, dengan pembicara CEO Visionet International (OVO) Jason Thompson, serta Ketua KNKG Mas Achmad Daniri.


Reporter: Dupla Kartini
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×