kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,58   -0,57   -0.06%
  • EMAS969.000 -0,82%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Ini deretan sejarah baru yang tercipta dari IPO Bukalapak.com (BUKA)


Jumat, 06 Agustus 2021 / 10:02 WIB
Ini deretan sejarah baru yang tercipta dari IPO Bukalapak.com (BUKA)
ILUSTRASI. Dirut Bukalapak Rachmat Kaimuddin


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Jumat (6/8), menjadi hari bersejarah bagi Bursa Efek Indonesia (BEI). Pasalnya, bursa tanah air kedatangan PT Bukalapak.com Tbk, perusahaan e-commerce berstatus Unicorn pertama yang melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Emiten dengan kode saham BUKA ini menawarkan 25,76 miliar lembar saham dengan harga penawaran sebesar Rp 85O per saham. Dana yang berhasil dihimpun dari aksi korporasi ini sekitar Rp 21,9 triliun. Aksi penggalangan dana ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah bursa.

BUKA menunjuk UBS AG Singapore Branch dan Merrill Lynch (Singapore) Pte. Ltd sebagai koordinator global gabungan dan agen penjual International (joint global coordinators and international selling agents) untuk memasarkan IPO pada investor internasional.

Baca Juga: Bukalapak, Indonesia's biggest IPO, up 25% in blockbuster debut

Sementara itu, PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek (joint lead managing underwriters).

Adapun penjamin emisi efek yang ditunjuk dalam aksi koprorasi ini adalah PT UBS Sekuritas Indonesia, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Ciptadana Sekuritas Asia, PT lnvestindo Nusantara  Sekuritas,  dan PT  Lotus Andalan Sekuritas.

BUKA juga menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk (PANS), PT Philip Sekuritas Indonesia, PT Samuel Sekuritas Indonesia, PT Sinarmas Sekuritas, PT Sucor Sekuritas, PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM), PT Valburg Sekuritas Indonesia, PT Victoria Sekuritas Indonesia, PT Wanteg Sekuritas, dan PT Yuanta Sekuritas Indonesia.

Sebelumnya, BUKA telah menyelesaikan proses penawaran awal (bookbuilding) dan roadshow dari 9-19 Juli 2O21 serta penawaran umum dari tanggal 27-3O Juli 2021.

Sebagai hasil dari antusiasme yang besar dari para investor umum, tercatat jumlah pemesanan yang tinggi (melalui metode pooling allotment), mencapai sekitar Rp 4,8 triliun.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×