kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Daftar Saham yang Keluar dan Masuk Indeks Value30, Quality30, dan Growth30


Selasa, 30 Januari 2024 / 08:40 WIB
Ini Daftar Saham yang Keluar dan Masuk Indeks Value30, Quality30, dan Growth30
ILUSTRASI. BEI kocok ulang pada sejumlah indeks saham, termasuk untuk IDX Value30, IDX Quality30 dan IDX Growth30.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan kocok ulang pada sejumlah indeks saham, termasuk untuk IDX Value30, IDX Quality30 dan IDX Growth30. Evaluasi mayor ini berlaku efektif untuk masa konstituen 5 Februari sampai dengan 2 Agustus 2024. 

Dalam evaluasi IDX Value30, ada lima saham yang keluar dari penghitungan indeks, meliputi: PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JKON), PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN), PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR), dan PT Timah Tbk (TINS).

Posisi saham-saham tersebut digantikan oleh lima saham yang menjadi konstituen IDX Value30 pada 5 Februari - 2 Agustus 2024. Mereka adalah: PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI).

Dari IDX Quality30, ada enam saham yang mengalami rotasi. Saham yang tergusur meliputi: PT Avia Avian Tbk (AVIA), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), PT H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), PT RMK Energy Tbk (RMKE), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan PT Timah Tbk (TINS).

Baca Juga: Jadi Konstituen Kompas100, Ini Daftar Saham yang Menarik untuk Investasi & Trading

Posisi saham-saham tersebut digantikan oleh enam saham yang menjadi konstituen IDX Quality30. Mereka adalah: PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL) dan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON).

Sedangkan pada IDX Growth30, ada empat saham yang keluar dari penghitungan indeks. Mereka adalah PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN), PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dan PT Timah Tbk (TINS). 

Posisi keempat saham tersebut digantikan oleh PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) dan PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA).

Sekadar mengingatkan, IDX Value30 merupakan Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. 

IDX Quality30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang secara historis perusahaan relatif memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan laba stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

 

Sedangkan IDX Growth30 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren harga relatif terhadap pertumbuhan laba bersih dan pendapatan dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×