kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 Cara Agar Memastikan NFT Laku di Pasar


Jumat, 21 Januari 2022 / 17:46 WIB
Ini 3 Cara Agar Memastikan NFT Laku di Pasar
ILUSTRASI. NFT


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hype Non Fungible Token (NFT) masih belum reda. Setelah Everyday Ghozali jadi perbincangan massa, termasuk berapa lama para public figure juga terjun ke dunia NFT.

Terbaru ada Anang Hermansyah yang rilis NFT AsiX dan laku keras. Selain itu ada Luna Maya, Ridwan Kamil, Syahrini, dsb.

Co-founder CryptoWatch dan Pengelola Channel Duit Pintar Christopher Tahir menilai jika NFT hanya sebatas digunakan untuk hal tersebut rasanya terlalu cetek. Sebab, NFT jika dieksplorasi lebih jauh, fungsinya jauh lebih bermanfaat terutama untuk kepemilikan hal yang sifatnya digital

“Simple-nya begini, NFT saat ini terlalu overhyped karena NFT seharusnya use case-nya tidak sebatas untuk jual-beli begini. Apalagi sentimen seperti Ghozali itu tidak lebih dari gorengan saja," kata Christopher kepada Kontan.co.id, Jumat (21/1)

Baca Juga: Bitaverse, Marketplace Metaverse Lokal Pertama Tanah Air dari Dentsu Indonesia

Dengan asumsi tersebut, ia meyakini ada potensi NFT ini bisa saja meredup hypenya. Apalagi, ketika sudah membeli aset NFT, investor belum dijamin bisa menggunakan dan memaksimalkannya. Lagi pula dari sisi harganya juga tidak ada jaminan bisa naik terus.

Christopher menambahkan, pada 2017 lalu pernah terjadi hype serupa untuk NFT, namun tak berapa lama hypenya redup dan tidak dapat dihidupkan kembali. Oleh karena itu, ia mengingatkan investor untuk berpikir panjang terlebih dahulu sebelum impulsif dan FOMO.

Sementara bagi para creator, ia mengingatkan sebelum membuat NFT, harus mengerti fungsi sebenarnya dan bagaimana itu bisa menjadi daya ungkit bagi para calon pembeli.

"Namun tentunya harus dipikirkan pula apakah lebih viable dan feasible dibandingkan jalur tradisional (melalui produser)," imbuhnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×