kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi mengangkat performa rupiah


Kamis, 04 Januari 2018 / 06:41 WIB
Inflasi mengangkat performa rupiah


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang rilis notulensi rapat Federal Open Market Committe (FOMC), rupiah kembali perkasa di hadapan dollar Amerika Serikat (AS). Kemarin (3/1), di pasar spot, kurs rupiah naik 0,29% ke level Rp 13.475 per dollar AS.

Serupa, pada kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah terangkat 0,32% menjadi Rp 13.498 per dollar AS.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, investor berharap notulensi rapat petinggi The Federal Reserve tersebut bakal memberikan kejelasan mengenai arah kebijakan moneter bank sentral AS untuk tahun ini. Apalagi masa jabatan Gubernur The Fed Janet Yellen bakal habis pada bulan Februari mendatang. Posisinya akan digantikan oleh Jerome Powell.

Ditambah lagi, pasar juga masih menanti beberapa data terkait sektor tenaga kerja AS, kata Reny, Rabu (4/1). Seperti biasa, di pekan pertama setiap bulan, Pemerintah AS merilis data tingkat pengangguran dan angka penyerapan tenaga kerja di sektor swasta non pertanian.

Sedangkan dari domestik, rupiah menguat berkat sentimen rilis data inflasi terbaru oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di awal bulan ini. Inflasi Desember 2017 berada di level 0,71%. Dengan realisasi tersebut, maka sepanjang tahun lalu inflasi Indonesia mencapai sebesar 3,61%.

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong menambahkan, inflasi Desember yang ternyata cukup tinggi berdampak positif bagi pergerakan rupiah. Kalau dari eksternal sejak akhir tahun dollar AS memang sedang berada di bawah tekanan, ujar dia.

Selain itu, rupiah juga masih mendapat sentimen positif dari kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Fitch Ratings pada akhir tahun lalu.Lukman memprediksi hari ini sentimen data ekonomi Indonesia masih mendorong kurs rupiah menguat.

Dia memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.425Rp 14.475 per dollar AS. Sedangkan menurut hitungan Reny, mata uang Garuda akan bergerak di rentang Rp 14.450-Rp 14.510 per dollar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×