kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Indo Tambangraya (ITMG) menyerap capex US$ 5,6 juta di kuartal pertama


Selasa, 02 Juni 2020 / 20:11 WIB
Indo Tambangraya (ITMG) menyerap capex US$ 5,6 juta di kuartal pertama
ILUSTRASI. Indo Tambangraya Megah (ITMG) mengalokasikan dana US$ 49,9 juta untuk kebutuhan belanja modal.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per kuartal I-2020, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) telah menyerap belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 5,6 juta. Capex tersebut digunakan untuk peralatan dan mesin hingga infrastruktur tambang.

Direktur Hubungan Investor Indo Tambangraya Yulius Gozali mengatakan, capex tersebut juga digunakan untuk pembangunan jalan dan pelabuhan di area tambang Trubaindo serta Bharinto.

Tahun ini, konstituen Indeks Kompas100 tersebut mengalokasikan dana US$ 49,9 juta untuk kebutuhan belanja modal. Ini berarti, serapan capex ITMG per kuartal I-2020 telah mencapai 11,4% dari total capex. “Namun, karena ketidakpastian kondisi ekonomi global, Indo Tambangraya saat ini akan memprioritaskan belanja modal yang penting guna mendukung operasional perusahaan,” ujar Yulius kepada Kontan.co.id, Selasa (2/6).

Baca Juga: Indo Tambangraya (ITMG) akan membagi dividen Rp 570 per saham, catat jadwalnya

Per kuartal I-2020, ITMG mencatatkan volume penjualan batubara sepanjang kuartal I-2020 sebesar 5,8 juta ton. Realisasi ini turun dari penjualan pada kuartal I-2019 yang mencapai 6 juta ton. Yulius mengatakan, penurunan realisasi penjualan ini akibat beberapa faktor termasuk kondisi cuaca yang buruk.

Lebih lanjut, sejauh ini tidak ada perubahan target volume produksi ITMG. Sedangkan target penjualan ditetapkan pada level 22 juta ton untuk tahun ini.

Terkait penerapan new normal, Yulius mengatakan ITMG telah beradaptasi untuk mengikuti protokol kesehatan pemerintah yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 semenjak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diterapkan. Sehingga, ITMG dan anak-anak perusahaannya tetap dapat beroperasi tanpa hambatan yang berarti. “Perseroan akan selalu mendukung dan mematuhi kebijakan yang dibuat pemerintah terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ke depannya,” sambung Yulius.

Baca Juga: Jaga kinerja, Indo Tambangraya (ITMG) menjajaki pasar baru

ITMG telah menyiapkan beberapa strategi untuk mempertahankan kinerja di tengah ketidakpastian pasar batubara. Dari sisi keuangan, konstituen Indeks Kompas100 ini menerapkan pengeluaran biaya secara disiplin serta melakukan pemotongan biaya dari setiap departemen. ITMG juga melakukan optimasi biaya lebih jauh untuk menghadapi situasi yang tidak pasti.

Dari sisi penjualan, ITMG juga mempertahankan pasar yang ada khususnya di wilayah Asia sambil menjajaki pasar baru yang masih tumbuh seperti Vietnam, Bangladesh dan Myanmar serta penetrasi baru di pasar domestik.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×