kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indika Energy (INDY) Kian Rajin Mendiversifikasi Bisnis, Bagaimana Prospek Sahamnya?


Rabu, 25 Januari 2023 / 20:43 WIB
Indika Energy (INDY) Kian Rajin Mendiversifikasi Bisnis, Bagaimana Prospek Sahamnya?
PT Indika Energy Tbk, melalui anak perusahaannya PT Indika Multi Properti (Indika Nature) telah mengambil alih 46% saham di PT Natura Aromatik Nusantara (Natura)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) semakin rajin melakukan diversifikasi bisnis akhir-akhir ini. Indika Energy tercatat melebarkan sayapnya ke segmen nonbatubara salah satunya di sektor kesehatan. 

Indika Energy misalnya melalui anak usahanya PT Indika Medika Nusantara mendirikan perusahaan patungan bersama dengan Bioneer Corporation, perusahaan manufaktur alat kesehatan dari Korea Selatan. Ekspansi ini dilakukan untuk memperluas cakupan bisnis ke sektor kesehatan.

PT Indika Medika Nusantara telah mendirikan perusahaan patungan (joint venture) dengan Bioneer Corporation bernama PT Bioneer Indika Group (BIG).

Terbaru, BIG dan Indika Medika Nusantara telah mendirikan perusahaan yang bernama PT Bioneer Indika Diagnostik (BID).  Perusahaan ini nantinya akan menjalankan kegiatan usaha di bidang distribusi alat kesehatan.

Baca Juga: Caplok 46% Saham Produsen Minyak Atsiri, Indika Energy Rogoh Kocek Rp 179,6 Miliar

“Pendirian BID oleh BIG dan Indika Medika Nusantara merupakan langkah INDY secara grup untuk melakukan ekspansi dan diversifikasi usaha ke sektor kesehatan di Indonesia.kata Adi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (24/1).

Sebelumnya, emiten pertambangan batubara ini juga aktif mendiversifikasi usahanya di segmen kendaraan listrik alias electric vehicle (EV). 

Bulan ini, Indika Energy telah resmi menggandeng Damon Motors, perusahaan sepeda motor listrik asal Kanada untuk memasarkan sepeda motor Damon di Indonesia.  

Pada 12 Januari 2022, Indika telah melakukan undisclosed investment di Damon dan akan bertindak sebagai distributor motor Damon.

Indika Energy juga telah resmi meluncurkan kendaraan listrik berupa motor roda dua pada Agustus 2022, dengan merek ALVA. 

Untuk menandai produk generasi pertama, motor listrik itu dinamai ALVA ONE.

Baca Juga: Geliat Indika Energy (INDY) Diversifikasi ke Segmen Non Batubara

Analis Henan Putihrai Sekuritas Ezaridho Ibunatama menilai, diversifikasi ini menunjukkan ikhtiar Indika untuk melepaskan identitasnya sebagai pendukung ekonomi lama dengan keunggulannya pada batubara dengan terjun ke usaha futuristik di berbagai bidang seperti kedokteran diagnostik molekuler dan kendaraan listrik.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×