kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Nikkei Jepang tergelincir, menghapus kenaikan awal akibat profit taking


Jumat, 29 Januari 2021 / 10:32 WIB
Indeks Nikkei Jepang tergelincir, menghapus kenaikan awal akibat profit taking
ILUSTRASI. Bursa Jepang


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Jepang tergelincir pada perdagangan tengah hari Jumat (29/1). Menghapus kenaikan awal karena dibayangi aksi profit taking.

Meski demikian, pasar berada pada jalur kenaikan tiga berturut-turut, dengan indeks Nikkei masih melayang di bawah level tertinggi 30 tahun yang disentuh di awal bulan.

Rata-rata saham Nikkei Jepang tergelincir 0,18% menjadi 28.145,63 pada tengah hari, setelah naik 0,44% di awal sesi. Indeks Topix turun 0,07% menjadi 1.837,60.

"Tampaknya dana pensiun mengurangi posisi mereka karena mereka mengubah alokasi mereka pada akhir bulan," kata seorang pedagang di pialang Jepang.

Itu juga mengenai beberapa saham terkait industri chip yang diuntungkan dari laporan pendapatan yang kuat.

Saham Advantest turun 0,4%, menghapus kenaikan sebelumnya 5,1% setelah perusahaan menaikkan perkiraan laba untuk tahun yang berakhir pada Maret, mengutip permintaan yang kuat untuk mesin pengujian chipnya.

Saham Tokyo Electron tergelincir 2,7%, membalikkan kenaikan 2,4% setelah pembuat mesin manufaktur chip itu menaikkan pedoman tahunannya untuk kedua kalinya dalam tahun keuangan saat ini.

Baca Juga: IHSG dibuka naik lebih dari 1%, mengakhiri penurunan beruntun 6 hari

Saham Canon turun 5,4%, setelah naik sekitar 50% bulan ini karena pembuat kamera dan printer mengumumkan pertumbuhan pendapatan yang solid di kuartal terakhir seperti yang diharapkan.

Namun, beberapa perusahaan lain berhasil mempertahankan perolehan sahamnya setelah melaporkan hasil yang baik. Di antara saham teknologi, Fujitsu naik 3,8% dan Shinko Electric naik 8,9%.

Nomura Real Estate naik 5,7% dan Oriental Land naik 2,4% menyusul hasil kuartalan yang menunjukkan pemulihan Tokyo Disney Resort yang lebih kuat dari perkiraan.

JCR Pharma memperpanjang kenaikannya ke hari ketiga, naik 20,4%, karena pendapatan optimisnya yang diumumkan pada hari Kamis menambah suasana bullish yang dipicu oleh berita bahwa AstraZeneca akan melisensikan perusahaan tersebut untuk memproduksi sekitar 90 juta dosis vaksin Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×