kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,07   4,43   0.48%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imbal hasil tinggi, ini strategi Trim Kas 2


Senin, 02 Oktober 2017 / 18:51 WIB
Imbal hasil tinggi, ini strategi Trim Kas 2


Reporter: Wuwun Nafsiah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana pasar uang keluaran PT Trimegah Asset Management (AM) yakni Trim Kas 2 mencetak imbal hasil alias return tahunan yang menjanjikan. Produk reksadana yang diluncurkan April 2008 ini juga masuk dalam lima reksadana pasar uang terbaik hasil pemeringkatan Bareksa dan KONTAN untuk kategori dana kelolaan di atas Rp 400 miliar .

Berdasarkan data Bareksa, Trim Kas 2 memberikan imbal hasil hingga 6,36% dalam setahun terakhir. Manager investasi rupanya memiliki sejumlah strategi untuk menghasilkan imbal hasil tinggi.

Antony Dirga, Direktur Utama Trimegah AM menyatakan, Trim Kas 2 dikelola dengan mengedepankan prinsip konservatif atau kehati-hatian. "Berdasarkan pengalaman kami, kunci sukses dalam mengelola reksa dana pasar uang ataupun pendapatan tetap adalah keberhasilan dalam menghindari risiko wanprestasi dari instrumen obligasi/pasar uang yang dibeli," ujarnya kepada KONTAN belum lama ini.

Untuk itu, Trimegah tidak tergoda untuk membeli instrumen obligasi korporasi atau pasar uang dengan risiko lebih tinggi meski menawarkan yield yang sedikit lebih baik. Tak hanya itu, perusahaan juga selalu menghitung berapa upside yang akan didapatkan dibanding dengan downside yang mungkin terjadi.

Sebab perlu diingat bahwa investasi dalam instrumen obligasi korporasi atau pasar uang memiliki upside yang sudah tertakar, yaitu jumlah kupon yang akan didapatkan hingga maturity. Sebaliknya, downside yang dihadapi adalah risiko kehilangan seluruh prinsipal jika terjadi wanprestasi.

Penempatan dana investasi Trim Kas 2 difokuskan pada produk pasar uang dengan rentang 70%-80% pada obligasi dan 15%-20% pada deposito. "Untuk obligasi pasar uang, kami mewajibkan minimum credit rating single A," imbuh Antony.

Untuk obligasi, dana selalu ditempatkan pada pada tenor kurang dari 1 tahun. Lalu untuk deposito, dana ditempatkan pada tenor 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan. Tahun ini, Trimegah AM menargetkan imbal hasil sebesar 6,15%. Angka ini merupakan target yang cukup moderat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×