kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Turun, Investor Bisa Memilih Saham Dengan Fundamental Kuat


Jumat, 16 Desember 2022 / 06:28 WIB
IHSG Turun, Investor Bisa Memilih Saham Dengan Fundamental Kuat
ILUSTRASI. IHSG masih akan dipengaruhi oleh potensi perlambatan ekonomi global, inflasi tinggi, kenaikan suku bunga.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis points (bps), lebih rendah ketimbang kenaikan 75 bps empat kali beruntun sebelumnya. The Fed mengindikasikan masih ada kenaikan suku bunga lanjutan di tahun depan. 

"Memperlambat kenaikan suku bunga berarti semakin memperlama terjadinya kenaikan tarif, sehingga tekanan atas konsumsi dan daya beli masyarakat serta tekanan margin laba perusahaan juga akan semakin lama," ujar Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyantikepada Kontan.co.id, Kamis (15/12). 

Desy melihat tekanan atas sentimen kenaikan suku bunga hanya akan dalam jangka pendek saja. "Level support IHSG di level 6.600 dan target kami hingga akhir tahun ini masih di level 7,380," imbuh dia. 

Desy memperkirakan tekanan pada IHSG menjadi peluang bagi investor untuk masuk ketika harga saham masih terdiskon dan valuasinya cenderung murah. Dia menyebut, IHSG masih akan dipengaruhi oleh sejumlah sentimen seperti potensi perlambatan ekonomi global, inflasi tinggi, kenaikan suku bunga, dan perang yang kian memanas. 

Baca Juga: IHSG Berpotensi Turun, Intip Prediksi dan Rekomendasi Saham Hari Ini (16/12)

Sementara, Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengatakan, hasil rapat The Fed sudah sesuai konsensus. Dia memperkirakan, The Fed masih akan mengerek suku bunga hingga level tertinggi di 5,1%. 

Arjun memprediksikan tren kenaikan suku bunga masih akan berlanjut di semester pertama tahun depan. Tapi akan ada potensi surprise upside pada semester kedua 2023 seiring semakin melandainya inflasi dan berhentinya tren kenaikan suku bunga acuan. 

Dari dalam negeri, tahun 2023 menandai musim kampanye pemilu yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi domestik. Dengan skenario moderat, IHSG diprediksi mencatatkan kenaikan sebesar 5,40%.

"Sementara jika dengan skenario lebih optimis, IHSG diprediksi mencatatkan return 11% pada tahun 2023. Dapat dikatakan IHSG akan berada di kisaran 7.500–7.800 pada akhir tahun 2023," imbuh Arjun. 

Baca Juga: The Fed Kembali Mengerek Suku Bunga, Investor Perlu Lebih Cermat Memilih Saham

Arjun mengatakan kenaikan suku bunga acuan akan membuat investasi di AS lebih menarik. Sehingga jika BI tidak mengikuti kenaikan, selisih suku bunga instrumen investasi AS dan Indonesia akan semakin menyempit dan membuat investor asing lebih tertarik untuk mengalihkan dananya ke AS. 

"The Fed menaikkan suku bunga akan berdampak negatif terhadap IHSG di hari berikutnya. Terlihat IHSG mencatat penurunan akibat pernyataan Gubernur The Fed yang mengindikasikan tidak akan ada penurunan FFR di 2023 padahal market berharap akan ada penurunan di 2023," kata Arjun. 

Dia menyebut, investor bisa masuk pasar domestik dengan memperhatikan saham-saham yang punya fundamental kuat dan prospek bagus. Arjun merekomendasikan saham-saham seperti BBCA dengan target harga Rp 9.400, BMRI dengan target harga 11.000, BBNI dengan target harga 9.900, dan BBRI dengan target harga 5.200.

Selanjutnya, ICBP dengan target harga Rp 10.600, INDF dengan target harga Rp 7.175, AMRT dengan target harga Rp 2.940, PGAS dengan target harga Rp 1.990, dan ADRO dengan target harga Rp 4.170.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×