kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,23   -6,72   -0.70%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

IHSG Turun di Perdagangan Awal Pekan, Simak Rekomendasi Saham Indo Premier Sekuritas


Selasa, 29 November 2022 / 05:00 WIB
IHSG Turun di Perdagangan Awal Pekan, Simak Rekomendasi Saham Indo Premier Sekuritas


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,51% ke level 7.071,35 pada perdagangan Senin (28/11).

IHSG sempat menyentuh level tertinggi di 7.083,37 dan terendah di 7.011,45. Sebanyak 196 saham menorehkan kenaikan harga, lalu 327 saham turun, dan 183 saham stagnan.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas Rifqi Satria Dinandra mengatakan, ada tiga sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG pekan ini.

Pertama, rilis FOMC Minutes (notula rapat The Fed) pekan lalu memberikan informasi penting yang bisa menjadi sentimen positif untuk pasar.

Baca Juga: Aksi Demonstrasi di China Menyeret Bursa Asia ke Zona Merah, Senin (28/11)

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga lebih kecil dari biasanya. Seperti diketahui, dalam empat pertemuan terakhir, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis points (bps). Saat ini, pasar memperkirakan The Fed hanya akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps.

"Notula rapat menunjukkan bank sentral Amerika Serikat tersebut sudah melihat adanya kemajuan dari kebijakan moneter untuk menekan angka inflasi di AS," kata Rifqi dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11).

Sentimen kedua berasal dari rilis data inflasi November 2022. Konsensus memperkirakan, inflasi Indonesia pada November 2022 akan kembali turun ke 5,5% year on year (yoy), lebih rendah dari bulan lalu yang sebesar 5,71%.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Lanjut Melemah, Intip Saham Rekomendasi Analis untuk Selasa (29/11)

Tren penurunan inflasi memberi ruang bagi Bank Indonesia (BI) untuk tidak agresif dalam menaikkan suku bunga. Sementara itu, inflasi inti diperkirakan akan kembali naik ke level 3,39% yoy.

"Jika inflasi inti masih naik dan berada di level target BI, maka akan menjadi sentimen positif bagi IHSG," ucap dia.

Selanjutnya, sentimen ketiga berasal dari rilis data PMI Manufaktur. Rifqi memperkirakan, PMI Manufaktur bulan November 2022 bisa jadi positif karena mendekati Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×