kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

IHSG positif pekan lalu, kinerja reksadana saham paling moncer


Senin, 31 Agustus 2020 / 16:00 WIB
IHSG positif pekan lalu, kinerja reksadana saham paling moncer
ILUSTRASI. Reksadana saham menguat 0,78% dalam sepekan lalu.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARATA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali berhasil berada di zona hijau setelah ditutup menguat pada akhir penutupan pekan lalu. IHSG tercatat naik 1,40% dalam sepekan hingga Jumat (28/8).

Kinerja apik IHSG, pada akhirnya turut membuat kinerja seluruh reksadana juga menjadi positif. Merujuk dari laporan Infovesta Utama yang dirilis Senin (31/8), tercatat kinerja reksadana saham menjadi reksadana dengan pertumbuhan paling tinggi pekan lalu. Reksadana saham naik 0,78% dalam sepekan. 

Reksadana campuran pun ikut mencatatkan kinerja positif dengan tumbuh 0,40%. Sementara reksadana pasar uang juga berhasil tumbuh tipis 0,09%.

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk Kenali dan Buka Rekening Dana Nasabah

Reksadana pendapatan tetap menjadi satu-satunya reksadana dengan kinerja negatif. Setelah dalam sepekan terkoreksi 0,52%. Hal ini tidak terlepas dari kinerja obligasi pemerintah yang turun 0,10%. Padahal dari obligasi korporasi masih catatkan pertumbuhan 0,21%. 

Reksadana pendapatan tetap kemudian menyusul di peringkat kedua dengan pertumbuhan sebesar 0,23%. Hal ini tak terlepas dari pertumbuhan obligasi pemerintah dan obligasi korporasi yang masing-masing tumbuh 0,40% dan 0,17%.

Baca Juga: Ada tawaran sukuk ritel SR013, bandingkan dengan prospek kinerja instrumen lainnya

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara month to date hingga 28 Agustus 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Sucorinvest Equity Prima Fund sebesar 14,54%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh SAM Mutiara Nusa Campuran dengan kenaikan 8,49%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Simas Pendapatan Tetap Prestasi sebesar 5,09%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Danamas Rupiah merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 1,21%. 

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah KISI IDX Value30 ETF sebesar 9,29%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Simas USD Fixed Income sebesar 2,30%.

Baca Juga: Bunga Deposito Bakal Semakin Menciut di Semester II-2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×