kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45714,31   4,95   0.70%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

IHSG mulai tenang, investor menunggu penanganan corona oleh pemerintah Indonesia


Jumat, 13 Maret 2020 / 19:47 WIB
IHSG mulai tenang, investor menunggu penanganan corona oleh pemerintah Indonesia
ILUSTRASI. Layar perdagangan IHSG jelang penutupan Jumat ,13 Maret 2020. Strategi yang telah dilakukan oleh otoritas untuk meredam kepanikan pada IHSG sudah cukup baik.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 0,24% atau 11,82 poin ke level 4.907,57 pada penutupan perdagangan, Jumat (13/3). Penguatan tipis ini terjadi di tengah kondisi pasar yang bearish lantaran kekhawatiran dampak pandemi virus corona.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menilai, sentimen domestik cukup dominan terhadap pergerakan IHSG hari ini, terutama dari pengumuman rencana buyback saham oleh sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Harga turun dalam, simak rekomendasi untuk saham emiten tambang emas

Sekadar mengingatkan, BEI telah melonggarkan perizinan aksi korporasi semua emiten atau perusahaan publik untuk melakukan pembelian kembali atau buyback saham tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS). Selain itu, kabar adanya dana pensiun dan dana asuransi akan masuk pasar pada Senin mendatang dinilai berdampak positif untuk pergerakan IHSG.

“Sebab, selama ini investor mengkhawatirkan arus terjadinya capital outflow yang cukup besar di pasar modal Indonesia,” kata Valdy kepada Kontan.co.id, Jumat (13/3).

Baca Juga: Seberapa efektif paket stimulus ekonomi? Begini penjelasan ekonom

Sebagai informasi, total akumulasi net sell investor asing mencapai Rp 7,78 triliun ketika IHSG turun 22,10% sepanjang tahun 2020. Dengan adanya pembelian masuk dari dapen atau asuransi, diharapkan dapat meredam kecenderungan panic selling oleh investor.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×