kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IHSG menguat jelang akhir pekan, ini penyebabnya


Jumat, 04 Oktober 2019 / 10:04 WIB

IHSG menguat jelang akhir pekan, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau setelah turun lima hari perdagangan sebelumnya. Jumat (4/10) pukul 9.56 WIB, IHSG tercatat naik 0,54% ke 6.072.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilanus Nico Demus mengatakan, dari sisi eksternal, sentimen pasar hari ini adalah Amerika Serikat (AS) yang mulai terbuka terhadap kesepakatan perdagangan dengan India. Hal ini tercermin dari pernyataan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross pada Konferensi Tingkat Tinggi Ekonomi India yang diselenggarakan oleh Forum Ekonomi Dunia di New Delhi, India.

Wilbur mengatakan tidak ada alasan bagi kedua negara untuk tidak melakukan kesepakatan perdagangan. Namun, itu semua tidak dapat dicapai dalam waktu lima menit. Hal ini diamini oleh Menteri Perdagangan India Piyush Goyal yang mengatakan bahwa semuanya bisa diselesaikan, tapi tidak dalam satu, dua atau mungkin empat kali pertemuan.

Baca Juga: Hati-hati, Kontraksi Bursa Saham Belum Usai premium

Sebagai informasi, ketegangan antara AS dan India mulai terjadi tahun ini sejak Presiden AS Donald Trump menuduh India memungut bea yang lebih tinggi atas impor AS, khususnya motor Harley Davidson. Padahal, perdagangan kedua negara tersebut hampir mencapai US$ 90 miliar. "Meredakan ketegangan perdagangan dapat membantu meningkatkan ekspor India yang mulai melambat yang disebabkan oleh jatuhnya konsumsi domestik," ucap Maximilanus dalam risetnya, Jumat (4/10).


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×