kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG menghijau di pekan lalu, return reksadana cetak kenaikan


Senin, 13 April 2020 / 15:04 WIB
IHSG menghijau di pekan lalu, return reksadana cetak kenaikan
ILUSTRASI. IHSG yang menghijau membuat kinerja reksadana ikut menjadi positif pada pekan lalu.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali berada di zona hijau pada pekan lalu. Selama sepekan lalu, IHSG menguat 0,55%. IHSG yang menghijau membuat kinerja reksadana ikut menjadi positif pada pekan lalu.

Merujuk dari laporan Infovesta Utama, seluruh produk reksadana mencatatkan kinerja positif.

Imbal hasil reksadana saham menjadi reksadana dengan kinerja yang paling tinggi dibanding produk lainnya. Imbal hasil reksadana ini tercatat berhasil tumbuh 2,27% sepanjang pekan lalu. Diikuti reksadana campuran yang mencatatkan pertumbuhan 1,36%.

Baca Juga: Reksadana pasar uang paling moncer di kuartal pertama

Reksadana pasar uang kemudian menyusul di peringkat berikutnya. Reksadana pasar uang tercatat hanya mampu tumbuh tipis 0,08% sepanjang pekan lalu.

Sementara peringkat terakhir diisi oleh reksadana pendapatan tetap yang tercatat hanya tumbuh 0,01%. Tipisnya angka pertumbuhan reksadana pendapatan tetap seiring dengan kinerja obligasi yang cenderung kurang baik.

Kendati obligasi korporasi berhasil tumbuh 0,06%, obligasi pemerintah justru turun sebesar 0.44%.

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year on year hingga 13 April 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang Pacific Equity Flexi Fund sebesar 45,11%. Reksadana campuran tertinggi dipegang oleh Simas Balance Gemilang dengan return 64,70%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Insight Simas Asna Pendapatan Tetap Syariah I Asna sebesar 14,98%. Lalu untuk reksadana pasar uang, PNM Puas merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 166,31%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah ABF IBI Fund 4,79%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Principal Strategic USD Fixed Income Fund sebesar 3,26%.

Baca Juga: Reksadana pendapatan tetap jawara di kuartal pertama 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×