kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IHSG memerah jelang libur Imlek, ini kata para analis


Senin, 04 Februari 2019 / 19:20 WIB

IHSG memerah jelang libur Imlek, ini kata para analis


Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks harga saham gabungan (IHSG) memerah jelang libur imlek. IHSG terkoreksi 57,19 poin atau 0,87% ke level 6.481,45 pada perdagangan Senin (4/2).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menilai, pelemahan IHSG didorong oleh sektor Aneka Industri yang melemah -2,09% dan sektor Konsumer yang turun -1,47%.


“Pergerakan dipengaruhi aksi profit taking menjelang libur hari raya imlek. Secara teknikal IHSG tertahan di resistance upper Bollinger band,” tulisnya dalam laporan teknikal.

Senada, analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih mengatakan, pergerakan IHSG hari ini dipengaruhi oleh libur hari raya Imlek, Selasa (5/2).

Selain itu, adanya antisipasi rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) yang akan diumumkan Rabu (6/2) ikut mempengaruhi pelemahan IHSG hari ini. “Konsensus PDB melihat year on year (yoy) turun dari 5,17 menjadi 5,12,” jelas Alfatih kepada Kontan.co.id, Senin (4/2).

Alfatih menambahkan, pasar Eropa yang memerah pada pembukaan sore ini ikut berkontribusi mempengaruhi IHSG pada hari ini.

Sementara, analis Trimegah Sekuritas Rovandi berpendapat, aksi net sell oleh asing dan pelemahan rupiah terhadap dollar AS mempengaruhi merosotnya IHSG.

“Selain itu, IHSG sudah jenuh beli sehingga rawan terjadi koreksi,” katanya kepada Kontan.co.id.

Pada perdagangan hari ini, investor asing mencatatkan net sell sebesar 517,87 miliar di semua pasar. Volume perdagangan hari ini sebesar 12,07 miliar saham dengan total nilai transaksi sebesar Rp 8,14 triliun.

Frekuensi perdagangan saham hari ini sebesar 418.381 kali dan kapitalisasi pasar mencapai 7.387, 49 triliun.


Reporter: Aldo Fernando
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×