kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Diproyeksi Cenderung Melemah Sebulan ke Depan, Ini Pemicunya


Kamis, 13 Oktober 2022 / 12:29 WIB
IHSG Diproyeksi Cenderung Melemah Sebulan ke Depan, Ini Pemicunya
Pergerakan saham Bursa Efek Indonesia. IHSG Diproyeksi Cenderung Melemah Sebulan ke Depan, Ini Pemicunya.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan bergerak melemah dalam sebulan ke depan. Pasalnya, sejumlah sentimen negatif masih cukup dominan menekan pasar saham Indonesia maupun pasar saham global.

Dalam risetnya, Selasa (12/10), tim riset Panin Sekuritas menyebutkan salah satu sentimen yang mempengaruhi pasar yakni kenaikan suku bunga oleh bank sentral di global. 

Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve kembali menaikkan Federal Fund Rate (FFR) sebanyak 75 basis points (bps) menjadi 3,25%. 

Kemudian, Bank of England kembali menaikkan suku bunganya sebanyak 50 bps menjadi 2,25%. Adapula Reserve Bank of Australia (RBA) yang menaikkan cash rate-nya sebanyak 50 bps menjadi 2,35%.

Baca Juga: ASII dan TLKM Terbesar, Asing Banyak Melepas Saham-Saham Ini, Rabu (12/10)

Arah kebijakan The Fed berpotensi masih akan terus hawkish hingga inflasi di Negeri Paman Sam tersebut berhasil turun ke level 2%. Hal ini mengakibatkan setidaknya FFR dapat naik hingga ke kisaran 5% di kuartal keempat 2023.

Kedua, pelemahan mata uang. Mayoritas nilai tukar negara di global terdepresiasi terhadap dolar AS. Terpantau nilai tukar Rupiah menembus Rp15.200 per dolar AS atau terdepresiasi hingga -6,4% sejak awal tahun atau secara year-to-date (ytd). 

Namun dalam perkembangannya, depresiasi Rupiah tidak sedalam mata uang negara Asia lainnya, dimana Ringgit Malaysia (MYR) terkoreksi 10,12% ytd, Rupee India terdepresiasi 8,64% ytd, Baht Thailand (THB) minus 11,5% ytd, dan Yen Jepang (JPY) minus 20,22% ytd.

Sehingga Panin Sekuritas menilai, indeks akan bergerak sideways dengan kecenderungan melemah untuk satu bulan ke depan. 

Baca Juga: Cek Saham-saham yang Banyak Dijual Asing Saat IHSG Terkoreksi Kemarin

“Hal ini disebabkan oleh antisipasi kebijakan moneter yang agresif di global, tensi yang kembali meningkat antara Rusia dan Ukraina setelah serangan di jembatan Crimea, potensi lockdown di China karena kasus baru yang meningkat, serta tekanan untuk komoditas dan Rupiah,” papar Tim Riset Panin Sekuritas, Selasa (12/10).

Di sisi lain, masih terdapat sejumlah sentimen positif bagi pasar saham, diantaranya prospek pertumbuhan domestik yang tetap solid. Badan Kebijakan Fiskal (BKF) memperkirakan Product Domestic Bruto (PDB) Indonesia untuk kuartal ketiga 2022 akan lebih baik dari di kuartal kedua 2022 yang tercatat tumbuh 5,44%. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×