kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

IHSG diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Rabu (9/6)


Rabu, 09 Juni 2021 / 08:05 WIB
IHSG diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Rabu (9/6)


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) parkir di zona merah pada perdagangan Selasa (8/6). IHSG turun 1,16% atau 70,57 poin ke level 5.999,37.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG kembali melemah ke bawah level psikologis 6.000 pada perdagangan Selasa (8/6). Nah, untuk perdagangan Rabu (9/6), dia meramal IHSG bakal melanjutkan pelemahan, dengan kecenderungan menutup gap ke level 5.950.

"Indikasi minor bearish reversal juga ditunjukkan oleh terbentuknya death cross pada MACD bersamaan dengan pelemahan Selasa (8/6)," kata Valdy dalam riset, Selasa (8/6).

Valdy menambahkan, dari dalam negeri sentimen cenderung positif. Salah satunya nilai cadangan devisa per akhir Mei 2021 yang mencapai US$136,4 miliar. Meski turun 1,73% dari posisi per akhir April 2021, angka tersebut setara dengan pembiayaan 9,5 bulan impor atau 9,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah yang berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Baca Juga: Wall Street konsolidasi, investor masih menunggu data inflasi

Merespons data tersebut, nilai tukar rupiah cenderung stabil di kisaran Rp 14.250 per dolar AS pada Selasa sore (8/6), meski dibayangi spekulasi pengetatan kebijakan moneter the Fed.

Oleh sebab itu, Valdy menambahkan peluang speculative buy pada saham-saham bank, terutama bank berkapitalisasi besar dapat diperhatikan. Selain saham bank, TBIG, TOWR, TLKM, UNTR, dan AKRA juga dapat dicermati pada perdagangan Rabu (9/6).

Di lain sisi, William Surya Wijaya, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas menuturkan, gelombang tekanan dalam pergerakan IHSG masih terlihat akan berlanjut, namun selama support level terdekat dapat tahan uji maka IHSG masih berpeluang untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendeknya.

William bilang, kuatnya fundamental perekonomian Indonesia akan turut menopang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Dia meramal IHSG masih berpotensi untuk berada dalam fase konsolidasi wajar dengan rentang 5.932-6.123. Beberapa saham yang bisa dicermati untuk Rabu (8/6) meliputi ITMG, ASII, CTRA, BBNI, ROTI, MYOR, dan TBIG.

Baca Juga: Penurunan cadangan devisa Mei berpotensi menekan kurs rupiah pada Rabu (9/6)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×