kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG diprediksi masih akan melemah pada perdagangan esok hari


Selasa, 05 Maret 2019 / 18:55 WIB
IHSG diprediksi masih akan melemah pada perdagangan esok hari


Reporter: Aldo Fernando | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks harga saham gabungan (IHSG) setia berada di zona merah hari ini. IHSG merosot sebesar 47,14 poin atau 0,73% ke level 6.441,28 pada penutupan Selasa (5/3). Untuk perdagangan besok, analis memperkirakan IHSG masih akan melemah.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino menjelaskan, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini terutama dari eksternal, yaitu terkait pelemahan indeks bursa global. "Dan lebih rendahnya target pertumbuhan ekonomi China pada tahun ini (6%-6,5%) dibandingkan tahun lalu yang tumbuh 6,6%," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (5/3).

Senada, analis Panin Sekuritas William Hartanto menyebut, pelaku pasar mengkhawatirkan pelemahannya ekonomi China. "Karena kekhawatiran pelemahan ekonomi China berlanjut jadi bursa Asia termasuk Indonesia melemah bersamaan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (5/3).

Kompak, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji juga mengatakan, sentimen eksternal memengaruhi IHSG hari ini, salah satunya terkait perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang disulut oleh perlambatan dua negara adidaya AS dan China. "Itu turut menyebabkan perilaku wait and see bagi para pelaku pasar global," kata Nafan kepada Kontan.co.id, Selasa (5/3).

Nafan memprediksi IHSG besok masih akan melemah di kisaran 6.369,11 - 6.521,73.

Dari domestik, Nafan menyebut IKK (Indeks Keyakinan Konsumen) yang diprediksi akan turun dari 125,5 menjadi 124 akan menjadi sentimen IHSG Rabu (6/3).

"Dari internasional, tetap berkaitan dengan faktor perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Kemudian isu the Fed balance dan US trade balance yang diperkirakan mengalami defisit," tambahnya.

William menyebut, secara teknikal, uptrend IHSG sudah selesai. "Maka kita masuk konsolidasi sampai pemilu nanti. Diperkirakan besok masih melemah dalam range 6.400-6.470," imbuhnya.

Kata William, sentimen yang akan mewarnai besok masih soal kekhawatiran akan pelemahan ekonomi China yang akan merembet ke global, dan penjualan investor asing dalam rangka mengamankan dananya.

Mino juga memprediksi IHSG akan melanjutkan pelemahan besok dengan support di level 6.390 dan resistance di level 6.485. "Sentimen yang akan mempengaruhi, yakni pergerakan indeks bursa global, harga komoditas dan kinerja emiten," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×