kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,70   -4,91   -0.57%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

IHSG diprediksi konsolidasi pada perdagangan Jumat (11/6), berikut sentimennya


Kamis, 10 Juni 2021 / 18:39 WIB
IHSG diprediksi konsolidasi pada perdagangan Jumat (11/6), berikut sentimennya
ILUSTRASI. Petugas kebersihan melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis (10/6) ditutup menguat 0,99% ke level 6.107. 

Analis Erdhika Elit Sekuritas Regina Fawziah menjelaskan pergerakan indeks hari ini cukup optimistis didukung data indeks penjualan eceran Indonesia pada April yang cukup optimistis tumbuh 15,6% yoy dibanding dengan bulan sebelumnya yang terkontraksi 14,6%. 

Para pelaku pasar terlihat mengapresiasi rilisnya data penjualan retail tersebut, dan membuat kepercayaan investor terhadap data indikator ekonomi Indonesia pada bulan selanjutnya termasuk pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 mengalami perbaikan bahkan diproyeksikan akan tumbuh positif. 

Selain itu, dari China juga telah rilis data jumlah uang beredar yang terlihat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya yakni sebesar 8,3% dari 8,1%. Hal ini menandakan bahwa kegiatan ekonomi disana cukup meningkat sehingga dapat meningkatkan jumlah uang beredar disana, dan hal tersebut merupakan katalis yang cukup positif.

Baca Juga: IHSG menguat 0,99% pada Kamis (10/6), ada sinyal bullish berkelanjutan

"Meskipun para pelaku pasar di sini terlihat cukup optimistis hingga akhir penutupan perdagangan, namun pada pergerakan IHSG esok hari kami memproyeksikan masih cenderung bergerak konsolidasi," jelas Regina, Kamis (10/6). 

IHSG diprediksi bergerak dengan kisaran support 6.060 dan resistance 6.140, dengan kecenderungan menguat apabila kenaikan inflasi di Amerika Serikat (AS) tidak begitu signifikan. Namun juga bisa cenderung melemah apabila kenaikan inflasi cukup tinggi karena menimbulkan kekhawatiran para pelaku pasar terhadap tapering. 

Kemudian terlihat sedikit rilis data indikator ekonomi yang dapat mendorong pergerakan market, hanya data dari China yang terlihat berpotensi mempengaruhi pergerakan pasar yakni terkait penjualan kendaraan bulan Mei yang di proyeksikan akan ada penurunan menurut konsensus Trading Economics yakni sebesar 5% dari 8,6%. 

Adapun beberapa saham yang bisa dicermati pada hari Jumat (11/6) antara lain EXCL, TLKM, AKRA, ERAA, BJBR, WIKA, dan PGAS.

Selanjutnya: IHSG naik 0,99% ke 6.107 pada akhir perdagangan Kamis (10/6), asing catat net sell

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×