kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,12   -2,66   -0.29%
  • EMAS951.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 1.12%
  • RD.CAMPURAN 0.52%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

IHSG akan alami koreksi sehat di pekan terakhir November 2020, ini sentimennya


Senin, 23 November 2020 / 04:45 WIB
IHSG akan alami koreksi sehat di pekan terakhir November 2020, ini sentimennya
ILUSTRASI. Ada empat sentimen global yang kemungkinan akan mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ke-4 November 2020. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya kasus Covid-19 di beberapa negara dunia disertai turunnya optimisme vaksin virus corona membuat pasar saham akan mengalami konsolidasi melemah. Hal tersebut diprediksi oleh Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee. 

"Ditambah masalah stimulus dan pasar keuangan yang naik banyak beberapa pekan terakhir, hal itu akan membuka koreksi sehat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)," jelas Hans dalam riset yang diterima Kontan, Minggu (22/11/2020). 

Dia memprediksi, untuk pekan terakhir ini, support IHSG akan berada di level 5.541 hingga 5.462. Adapun level resistance akan berada di kisaran 5.628 sampai 5.657.  

Hans kemudian menguraikan, setidaknya, ada empat sentimen global yang kemungkinan akan mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ke-4 November 2020. 

Baca Juga: IHSG ramai sentimen positif, simak rekomendasi saham berikut

Pertama, berita positif vaksin Covid-19. Pada minggu lalu, pasar sangat positif akibat kemajuan ke efektivitasan vaksin Covid-19. Data final vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech menunjukkan efektif 95% mencegah virus tersebut. Moderna juga merilis data awal bahwa vaksinnya menunjukan efektivitas 94,5 %. Sementara, Rusia juga mengklaim vaksin eksperimental dari hasil uji coba tahap akhir dengan jumlah pegetesan besar efektif lebih dari 90%. 

"Vaksin menimbulkan harapan, ekonomi dunia akan segera pulih di semester dua 2021," jelasnya.

Selain itu, adanya harapan vaksin yang efektif dan mudah distribusikan akan menyebabkan pandemi Covid-19 akan segera berlalu. 

Baca Juga: Panin Sekuritas mengerek target IHSG hingga akhir tahun

Kedua, pasar saham mengalami kenaikan akibat optimisme vaksin Covid-19. "Hal ini terlihat dari aliran dana masuk ke pasar saham. Sektor yang naik terutama bank, tours dan travel dan komoditas," jelas Hans. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×