kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IDX Growth30 Kedatangan 5 Saham Baru, Simak Rekomendasi Analis


Jumat, 03 Februari 2023 / 18:36 WIB
IDX Growth30 Kedatangan 5 Saham Baru, Simak Rekomendasi Analis
IDX Growth30 Kedatangan 5 Saham Baru, Simak Rekomendasi Analis


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi mayor yang membuat indeks IDX Growth30 kedatangan penghuni baru. Terdapat lima saham baru yang menghuni indeks IDX Growth30 untuk periode Februari - Agustus 2023.

Kelima emiten yang baru masuk berasal dari sektor keuangan, kesehatan dan otomotif sehingga menggeser lima emiten lama yang berada di sektor komoditas dan yang berhubungan dengan komoditas.

Kelima emiten tersebut antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), PT Panin Financial Tbk (PNLF).

Emiten yang digantikan adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO),  PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan PT United Tractors Tbk (UNTR).

Meski tergeser oleh penghuni baru, kelima emiten komoditas yang tergeser memiliki pertumbuhan kinerja dan pergerakan saham yang relatif signifikan. 

Baca Juga: Inilah 10 Saham Top Gainer IHSG, LQ45, IDX30, IDX30G dan IDX30V

Research Analyst Reliance Sekuritas, Lukman Hakim memandang emiten yang keluar dari IDXG30 ini masih akan optimis meski tidak sebaik tahun lalu. 

“Namun, kami melihat tidak akan seperti di tahun 2022 yang kenaikannya cukup signifikan,” katanya pada Kontan Jumat (3/2).

Sementara untuk emiten yang baru masuk, Lukman memandang bahwa secara keseluruhan kelima emiten tersebut memiliki fundamental yang bagus.

 

Serupa dengannya, Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas, Cheril Tanuwijaya mencermati kelima saham tersebut memiliki prospek yang baik sesuai dengan kriteria anggota IDXG30 dan termasuk ke dalam growth stock.

“Mereka perusahaan yang kinerja top line dan bottom line nya cenderung bertumbuh di atas rata-rata emiten lainnya,” jelasnya pada Kontan Jumat (3/2).

Meski kondisi ekonomi sedang melambat efek pandemi, kelima penghuni baru IDXG30 memiliki potensi untuk terus bertumbuh dengan prospek bisnis yang cerah.

Baca Juga: Kinerja IDX Growth30 Kurang Moncer Dibanding Dua Indeks Lain, Begini Saran Analis

“Secara valuasi memang bukan yang paling murah di sektornya, namun terbuka ruang untuk bertumbuh,” tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×