kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ibu kota pindah, Kencana Energi (KEEN) siap bangun pembangkit listrik di Kalimantan


Jumat, 13 September 2019 / 19:14 WIB
Ibu kota pindah, Kencana Energi (KEEN) siap bangun pembangkit listrik di Kalimantan
ILUSTRASI. Paparan Kinerja PT Kencana Energy


Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) siap untuk membangun pembangkit listrik energi terbarukan di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Direktur utama PT Kencana Energi Lestari Tbk Henry Maknawi mengatakan, rencananya pembangkit listrik ini akan berlokasi di Kutai Kertanegara berdampingan dengan lahan kebun sawit milik KEEN di daerah tersebut. 

Henry menuturkan jenis pembangkit listrik yang nantinya akan dibangun adalah Pembangkit Listrik Tenaga BioMas (PLTMB) dan solar panel yang diproyeksikan dapat menghasilkan listrik sebesar 10 megawatt (MW).

“Kami membangun PLTBM karena bahan bakarnya sampah sawit (janjang kosong) dan solar panel yang bisa dipasang di lahan-lahan sawit yang tidak produktif. Sedangkan bila hanya solar panel tidak konsisten power-nya. Bila dikombinasi dengan biomass maka akan jadi hybrid dan lebih stabil apalagi bila di gabung lagi degan biogas yang dihasilkan oleh pembuangan sisa cairan sawit,” tutur Henry Jumat (13/9).

Baca Juga: Usai IPO, Ini Target Bisnis Kencana Energi Lestari (KEEN)

Meskipun di Kalimantan banyak batubara dan minyak bumi, KEEN tetap pada komitmennya untuk menjadi perusahaan green energy sehingga tidak akan membangun pembangkit listrik yang bahan bakunya berasal dari batubara maupun minyak bumi.

PLTMB dan solar panel dianggap menjadi opsi yang paling baik untuk diimplementasikan di tanah Borneo mengingat tidak banyaknya pembangkit listrik tenaga air dan sumber air yang tersedia di Kalimantan.

Guna merealisasikan rencana perusahaan ini, KEEN akan mengakuisisi PLTMB milik Kencana Agri yang berada di Bangka Belitung. Ke depan setelah proses akuisisi selesai KEEN akan membawa teknologi PLTMB ke Kaltim. Sementara untuk solar panel yang juga akan dibangun berdampingan dengan PLTMB akan dibawa dari China.

Meski belum menyebut secara pasti nilai investasi untuk akuisisi PLTBM, Henry menyebut transaksi mencapai nilai ratusan miliar.

Baca Juga: Ini profil perusahaan green energy Kencana Energi Lestari (KEEN)

Selain fokus mengakuisisi PLTMB Kencana Agri, KEEN saat ini juga sedang membangun PLTA Madong yang bertempat di Sulawesi Selatan. Henry menuturkan saat ini proses pembangunan baru dimulai dengan dilakukannya pembukaan jalan dan persiapan konstruksi. 

Proyek ini akan selesai pada tahun 2021 dengan total nilai investasi sekitar Rp 500 miliar. Sumber pendanaan untuk membangun PLTA ini 30% berasal dari pembiayaan internal dan 70% berasal dari perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×