kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Humpuss Intermoda akan melepas anak usaha lewat IPO


Senin, 30 Juli 2018 / 18:15 WIB
Humpuss Intermoda akan melepas anak usaha lewat IPO
ILUSTRASI. Theo Lekatompessy, Komisaris Utama PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) berencana untuk melepas salah satu anak usahanya di bidang transportasi kimia lewat skema initial public offering (IPO).

"Memang ada rencana, jadwalnya di tahun 2020 yang akan datang," Theo Lekatompessy, Komisaris Utama HITS, Senin (30/7). Theo menambahkan, pihaknya memilih untuk melepas anak usahanya di tahun 2020 karena alasan makro non teknis.

Ia mengatakan pertimbangan untuk melepaskan anak usahanya ke publik tersebut dilakukan karena perusahaan tersebut sudah bisa dikatakan dewasa sehingga cukup menarik untuk dilepaskan ke publik.

Theo juga belum menjelaskan secara detail terkait dengan rencana IPO anak usaha HITS tersebut termasuk jumlah saham yang dilepas perusahaan dan juga berapa target dana yang diincar oleh perusahaan.

HITS memperlihatkan kinerja yang cukup menarik dengan mencatatkan kenaikan laba 151% yakni sebesar US$ 7,5 juta di sepanjang semester I-2018 ini. Sebelumnya, perusahaan ini mencatatkan laba sebesar US$ 2,99 juta.

Muhammad Nafan Aji, Analis Binaartha Parama Sekuritas mengatakan bahwa hal ini bakal mendorong fundamental perusahaan yang beregerak di bidang pelayaran tersebut. Apalagi HITS juga tengah menambah armada.

"Dari dulu ketika pemerintah sudah memberikan lampu hijau di kemaritiman, bisnis pada sektor kemaritiman bisa berkembang secara pesat," kata Nafan kepada Kontan.co.id, Senin (30/7).

Meski begitu, kinerja fundamental perusahaan ini tak dibarengi dengan kinerja saham dari perusahaan tersebut. Ini terbukti dari saham HITS yang memiliki volatilitas rendah dan tidak likuid.

Nafan melihat bahwa kisaran harga saham HITS hanyalah sebesar Rp 600 hingga Rp 700 saja. Sehingga secara teknikal, Nafan menyarankan investor untuk wait and see terlebih dahulu sebelum membeli saham-saham HITS.


KONTAN.CO.ID. JAKARTA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×