kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45742,38   -7,62   -1.02%
  • EMAS1.014.000 0,80%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Hotel Sahid Jaya International (SHID) catat penurunan okupansi karena virus corona


Kamis, 19 Maret 2020 / 14:39 WIB
Hotel Sahid Jaya International (SHID) catat penurunan okupansi karena virus corona
ILUSTRASI. Hotel Grand Sahid Jaya yang dikelola PT Hotel Sahid Jaya International Tbk SHID di jalan Jenderal Sudrman Jakarta Pusat. KONTAN/Daniel Prabowo

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis emiten perhotelan tengah terdampak penyebaran virus corona (Covid-19). Terlebih, setelah World Health Organization (WHO) resmi menyatakan virus corona baru atau Covid-19 ini sebagai pandemik. PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID) menjadi salah satu emiten perhotelan yang bisnisnya terhantam lantaran virus corona.

Vivi Herlambang, Director Business Development and Sales Marketing SHID mengaku, okupansi hotel langsung anjlok setelah Pemerintah mengambil langkah preventif atas penyebaran virus tersebut.

Baca Juga: Ada corona, BI pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi 4,2%-4,6%

Misalnya saja dengan menerapkan kerja dari rumah dan membatasi kegiatan yang menghadirkan banyak peserta. “Untuk di Jakarta dan sekitarnya langsung drop, sudah enggak ada event lagi, okupansi enggak sampai 20% untuk minggu ini,” ujarnya pada Kontan, Rabu (19/3).

Selain di sekitar Jakarta, ia menjelaskan okupansi hotel yang berlokasi di Solo, Yogyakarta, dan Batam juga mengalami hal serupa.

Baca Juga: Morgan Stanley prediksi dunia masuki resesi pada semester I 2020

Vivi mengaku banyak pelanggan yang membatalkan agenda. Padahal pada Januari hingga Februari, SHID masih mencatat okupansi hotel di atas 50%. Dalam catatan Kontan, hingga akhir tahun lalu SHID mengoperasikan sekitar 30 hotel. Meksi mengalami penurunan okupansi di beberapa wilayah, Vivi mengaku tongkat tingkat hunian hotel di Indonesia bagian timur masih normal.

Dengan kondisi yang tak dapat diprediksi ini, Vivi memproyeksi kinerja perusahaan ini masih tertahan hingga kuartal dua mendatang. “Juni kami harapkan sudah membaik,” tambahnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×